Nyonya Antari Jaya Negara Hadiri HKG Ke-49 Tahun Tingkat Provinsi

Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tahun Tingkat Provinsi Bali, di Gedung Ksirarnawa Art Center Denpasar, yang dihadiri Ny. Antarini Jaya Negara, Rabu (24/3/2021).

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara menghadiri acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tahun Tingkat Provinsi Bali, di Gedung Ksirarnawa Art Center Denpasar, Rabu (24/3/2021).

Dalam sambutanya, Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian yang dibacakan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster mengatakan, HKG merupakan salah satu momentum menyasar serta memiliki arti penting dan strategis dalam implementasi 10 pokok program PKK.

Peringatannya memberikan penegasan bahwa gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

HKG tahun ini telah memasuki ke usia 49 tahun dengan tema  “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju’’. Pelopor Perubahan memberi makna bahwa PKK dalam hal ini adalah Tim Penggerak dan kader di seluruh pelosok nusantara mampu menjadi kader terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.

Makna lainnya PKK bukan semata menempatkan keluarga sebagai sasaran program pemerintah. Akan tetapi adalah organisasi yang mampu menginisiasi keluarga-keluarga indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat lebih baik sesuai tujuan pembangunan nasional.

Tri Suswati Tito Karnavian mengatakan, saat ini gerakan PKK semakin berkembang dengan programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa.

Sejak pandemi Covid-19 kader PKK telah aktif melaksanakan kampanye protokol kesehatan dengan gerakan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta 3T yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment).

Selain itu telah melakukan aksi pemberian makanan bergizi bagi masyarakat terdampak Covid-19 serta gebrak masker sejak awal pandemi hingga saat ini.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara ditemui usai acara mengatakan, memperingati Hari Kesatuan Gerak ke-49, Tim Penggerak PKK Kota Denpasar telah melakukan berbagai kegiatan  untuk membantu pemerintah, utamanya dalam sosialisasi Gerakan 3M  protokol kesehatan pada seluruh keluarga serta kegiatan pencegahan stunting pada bayi dan balita.

Ny. Antari mengatakan, seluruh kegiatan tersebut selaras dengan tema Hari Kesatuan Gerak PKK tahun ini, yakni “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju”.

Tema ini bermakna bahwa tim penggerak dan para kader adalah garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas.

“Mewujudkan keluarga berkualitas, kami PKK Kota Denpasar  semaksimal mungkin akan terus membantu pemerintah melalui 10 Program Pokok PKK,” ujar Ny. Antari. (hum)