Ciptakan Brand RSUD yang Dicintai Rakyat

dr. Ni Putu Eka Indrawati

Humanis dan kooperatif, inilah kesan pertama ketika berbincang-bincang dengan dokter wanita yang satu ini.

Nama lengkapnya dr. Ni Putu Eka Indrawati, alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2002 silam adalah wanita pertama yang menduduki posisi puncak.

Wanita kelahiran 24 Maret 1976 ini selalu bersemangat jika membicarakan hal-hal yang bertalian dengan keberadaan RSUD Negara khususnya di masa pandemi yang tak kunjung usai itu.

Kepada perspectivesnews.com, dr. Eka mengungkapkan, dirinya dipercaya sebagai Plt Dirut RSUD Negara tepatnya 1 Maret 2021 lalu. Saat dipercaya memimpin Rumah Sakit di Bumi Mekepung, dirinya mohon dukungan utamanya segenap elemen di institusi yang dipimpinnya.

Satu hal yang terpenting baginya, semua jajaran di RSUD Negara diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat di ujung barat Pulau Bali ini.

“Jujur saya katakan, saya bersama jajaran di RSUD Negara menginginkan masyarakat Jembrana yang bahagia. Pasien bahagia, tim medis bahagia, pegawai rumah sakit bahagia. Jika semuanya merasa berbahagia maka dunia ini menjadi santhi atau damai,” tuturnya bijaksana.

Lebih lanjut ia mengemukakan, dirinya ingin menciptakan brand RSUD Negara yang dicintai rakyat dan bukan sebaliknya. Hal ini tentunya sesuai dengan visi misi Bupati Jembrana I Nengah Tamba, S.H bersama Wabup I Gede Patriana Krisna, ST., MT untuk mewujudkan masyarakat Jembrana yang bahagia.

Di sisi lain, pihaknya juga memohon kalangan media untuk tidak lagi memberitakan Covid-19 secara terus menerus. “Beritakan yang sewajarnya, tidak terlalu berlebihan. Kalau beritanya terus menerus tentang Covid-19 di RSUD Negara, masyarakat akan ketakutan untuk berobat. Untuk diketahui publik, pasien yang datang ke RSU Negara tentu melalui proses, apa sakitnya, kapan mulai sakit, apakah itu sakit bawaan dan seterusnya. Tentu akan kami teliti dengan tim medis lewat prosedur medis yang berlaku. Rumah Sakit tidak serta merta ‘meng-covidkan’ mereka,” terang dokter cantik ini.

Ditekankan, dirinya tentu akan menata kembali sistem pelayanan, mulai dari pelayanan obat, dimana masyarakat tidak perlu lagi mencari sendiri obat ke Apotek dan pelayanan penyetoran Lab maupun pengambilan hasil Lab.

“Sekali lagi, kami mohon bantuan media untuk meluruskan stigma negatif tentang RSUD Negara menjadi pemberitaan yang positif sehingga dicintai rakyat Jembrana,” pintanya.

Di bagian lain dr. Ni Putu Eka Indrawati menjelaskan, ke depannya dirinya akan menambah ruangan ICU sebab selama ini hanya ada satu ruangan dan ke depan dirinya akan menambah minimal ada 3 ruangan. Ruangan pasien untuk menunggu hasil Swab juga akan disiapkan.

“Lebih baik saya menambah ruang ICU dari pada menambah peti jenazah dan mudah-mudahan usulan saya diterima oleh Bapak Bupati Tamba,” harapnya.

Dikatakan, dirinya nanti juga akan menjalin kerjasama dengan pihak Rumah Sakit lain yang ada di Kota Negara. Sinergitas itu penting dilakukan untuk bisa saling membantu satu sama lain sehingga masyarakat yang susah benar-benar merasa tertolong.

“Intinya sederhana, sehebat apapun tentu akan membutuhkan yang lain. Ibaratnya mata rantai, satu sama lain saling membutuhkan kekuatan untuk tujuan yang sama yakni terwujudnya kebahagiaan masyarakat di Kabupaten Jembrana. Selamat ulang tahun dr. Eka Indrawati, panjang umur, sehat, sukses…. (putu aryana)