Perangi Stunting, Nyonya Putri Koster Roadshow di Desa Plaga

Ketua TP PKK Provinsi Bali Nyonya Putri Koster berpose bersama saat melakukan roadshow soal stunting di Desa Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Sabtu (20/3/2021).

BADUNG, PERSPECTIVESNEWS – Ketua TP PKK Provinsi Bali Nyonya Putri Koster melakukan roadshow di Desa Plaga Kecamatan Petang, Kabupaten Badung pada Sabtu (20/3/2021).

Roadshow dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat akan bahaya gizi buruk serta memerangi stunting. Di Desa Plaga, Nyonya Putri Koster banyak berdialog dengan ibu hamil, lansia dan berinteraksi dengan balita.

 “Saya sangat senang melihat perkembangan kesehatan masyarakat terutama lansia, ibu hamil dan balita di Kabupaten Badung ini yang relatif bagus. Adapun beberapa perkembangan anak yang dilihat masih kecil untuk usianya dikarenakan genetik, bukan karena stunting,” jelasnya di depan Ketua TP PKK Kabupaten Badung Ny Seniasih Giri Prasta.

Ia menambahkan, jika kasus stunting yang masih terjadi di tengah masyarakat, maka perlu mendapatkan penanganan serius serta  aksi nyata, mengingat stunting memberi imbas pada kualitas SDM generasi emas penerus bangsa.

Untuk itu, semua stakeholder terkait harus bersinergi dan melakukan tindakan nyata dalam upaya memerangi stunting.

Lebih lanjut dalam arahannya, seniman multi talenta ini menyampaikan, kasus stunting dapat dicegah dengan pemberian gizi yang baik bagi janin  serta pemeriksaan rutin kehamilan serta pemenuhan gizi yang  baik pula pada masa balita. Dengan demikian, ibu akan melahirkan bayi yang sehat  dan nantinya akan tumbuh menjadi anak yang sehat baik jasmani dan rohani.

“Saya harap PKK hingga ke tingkat desa menjadi pelopor dalam menjaga kesehatan keluarga, terutama ibu dan anak. Sehingga kita bisa jaga tumbuh kembang anak di periode emas ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Badung Ny Seniasih Giri Prasta menyambut baik perhatian Ketua TPP PKK Provinsi Bali kepada kesehatan ibu dan anak.

Pihaknya akan berupaya keras terus melakukan pendataan stunting dengan bersinergi dengan stakeholder terkait, serta  melakukan aksi nyata dalam upaya memerangi stunting.

Dalam acara yang turut dihadiri oleh Ketua Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Bali Luh Putu Sukarini, Direktur Rumah Sakit Mata Bali Mandara Ni Made Yuniti, perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Bali ini, diserahkan bantuan makanan sehat bagi ibu hamil dan  bantuan makanan untuk balita berupa susu dan makanan bayi, serta  bantuan beras dan masker yang diserahkan langsung  oleh ibu Ketua TP PKK Provinsi Bali secara simbolis kepada  para penerima bantuan. (ari)