Pemkot Denpasar Segera Siapkan Wilayah Sanur Jadi Zona Hijau

Wali Kota Denpasar, IGN. Jaya Negara didampingi Wawali I Kadek Agus Arya Wibawa saat rapat.

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS– Setelah Pemerintah Pusat mencanangkan kawasan Sanur ditetapkan sebagai zona hijau atau wilayah bebas virus corona, Pemkot Denpasar segera melakukan beberapa tahapan sebelum pembukaan pariwisata internasional Bali yang direncanakan pada Juni atau Juli 2021.

Untuk mendukung percepatan Sanur sebagai kawasan zona hijau, Pemerintah Kota Denpasar menggelar rapat percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Sanur dengan melibatkan berbagai komponen di wilayah Sanur.

Rapat ini dipimpin langsung Wali Kota Denpasar, IGN. Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Rabu (17/3/2021) di Ruang Praja Utama Kantor Wali Kota Denpasar.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kota Denpasar Gusti Ngurah Gede dan beberapa anggota DPRD asal Sanur seperti A A Gede Agung Suyoga anggota DPRD Propinsi Bali, Wayan Mariana Wandira, I B Kiana dan A A Ariwangsa , Pj. Sekda Kota Denpasar, I Made Toya, Forkopimda Kota Denpasar, pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar, Yayasan Pembangunan Sanur, Perbekel/Lurah, Bendesa Adat Sanur dan pemilik hotel di wilayah Sanur.

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, sebelum Sanur ditetapkan sebagai zona hijau ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, salah satunya adalah seluruh warga Sanur dan stakeholder termasuk pekerja pariwisata di Sanur harus mendapatkan vaksin.

“Menurut data yang ada, di Sanur ada sekitar 35 ribu sasaran yang harus divaksin, yang terdiri  27 ribu masyarakat dan 8 ribu para pekerja hotel atau restoran,” kata Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan, dalam mewujudkan Sanur Zona Hijau, semua penduduk yang ada di Sanur akan divaksin, baik itu yang mengantongi KTP Denpasar maupun yang pekerja tinggal di Sanur.

Untuk mempercepat program vaksinasi, Pemkot Denpasar akan melaksanakan vaksinasi berbasis dusun atau lingkungan. Untuk mempercepat target sasaran Pemkot Denpasar juga melibatkan unsur  Perguruan Tinggi  dan fasilitas kesehatan lainnya.

“Berkenaan dengan pegawai dan pekerja, kami bekerja sama dengan pihak hotel dan hotel pun akan siap melaksanakan vaksinasi terhadap karyawannya yang akan dipusatkan di beberapa hotel di Sanur. Mudah-mudahan dengan dicanangkannya Sanur sebagai zona hijau ini, pembukaan kawasan Sanur sebagai destinasi wisata segera bisa dilakukan,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar Wayan Mariana  Wandira yang juga sebagai warga Sanur mendukung program Sanur sebagai zona hijau. Hal ini menurutnya sangat bagus sebagai upaya mempercepat pemulihan pariwisata Sanur.

“Kami sangat mendukung program Sanur sebagai zona hijau, namun kami minta agar dalam pelaksanaan vaksinasi agar betul-betul dipertimbangkan secara teknis sehingga semua warga dan pekerja pariwisata di Sanur dipastikan mendapatkan vaksin, sehingga para wisatawan tidak ragu-ragu lagi untuk berwisata ke Sanur,” kata Wandira.

Sementara Kadis Kesehatan Kota Denpasar Luh Putu Sri Armini mengatakan pelaksanaan vaksinasi di kawasan Sanur akan segera dilaksanakan. “Kami targetkan akhir bulan Maret ini pelaksanaan vaksinasi  bisa dilaksanakan,” katanya.     (hum)