Menanti Satu Dasawarsa, Akhirnya Walikota Blitar Resmikan Gedung Akademi Komunitas Negeri

Gedung mewah AKN yang diresmikan Walikota Blitar.

BLITAR, PERSPECTIVESNEWS– Setelah menanti hampir satu dasawarsa sejak ide pembangunan Politeknik Negeri Blitar dicetuskan oleh Walikota Blitar Drs. Santoso, M.Pd (saat menjabat Kadisdik Kota Blitar-red), kini warga Bumi Bung Karno akhirnya bisa memiliki Akademi Komunitas Negeri (AKN) Putra Sang Fajar Blitar.

AKN yang secara diresmikan secara langsung pada Kamis (18/3/2021) bertempat di Gedung Perkuliahan Utama AKN Blitar, Jalan Dr. Soetomo No.29 Kota Blitar.

Peresmian gedung megah berlantai 4 di lahan seluas hampir 5000 meter persegi yang menelan biaya pembangunan sebesar Rp 32 milyar itu berasal dari bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan Tinggi.

Turut dihadiri Kapolresta Blitar AKBP Yudhi Setiawan beserta para civitas akademika AKN Blitar dan tokoh pendidikan Kota Blitar.

Dalam sambutannya, Walikota Santoso mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mewujudkan impian warga Kota Blitar agar dapat memiliki kampus negeri yang diharapkan mampu mencetak SDM yang profesional serta langsung dapat diserap dunia kerja.

“Saya berharap semoga ke depannya AKN Putra Sang Fajar Blitar sebagai kampus kebanggaan warga Kota Blitar ini dapat mencetak alumni yang profesional, kompeten dan mampu menjawab tantangan global melalui pendidikan siap kerja. Karena itu kami mendukung penuh bagi warga Kota Blitar yang mau melanjutkan pendidikan di AKN ini dengan memberikan pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT) serta penggantian biaya pendaftaran. Jadi ke depannya supaya warga Kota Blitar bisa kuliah di kota sendiri saja. Karena dengan status sebagai kampus Negeri serta sarana, prasarana yang memadai juga dapat beasiswa dari pemerintah. Kami harapkan AKN Blitar semakin mendapat tempat di hati masyarakat,” tegas Walikota Blitar.

Gedung Perkuliahan Utama dari AKN Putra Sang Fajar yang berlokasi di eks lahan RSUD Mardi Waluyo ini merupakan bangunan tahap pertama yang diselesaikan dari rangkaian pembangunan gedung kampus selanjutnya di area yang sama.

Dimulai dari pemancangan tiang perdana sejak Juli 2020 lalu, pembangunan gedung AKN Blitar yang  selesai diserahterimakan pada Desember 2020 ini, telah memiliki ruang perkuliahan yang lengkap serta perpustakaan dan laboratorium penunjang kegiatan belajar-mengajar.

AKN Blitar memiliki 4 program unggulan reguler yaitu:

D2 Administrasi Komputer dan Server

D2 Administrasi Perkantoran

D2 Penyuntingan Audio Video dan

D2 Pengolahan Hasil Ternak Unggas

Selain program reguler, AKN Blitar juga membuka program Warga Produktif/Profesional yakni D2 Pengolahan Hasil Ternak Unggas dan D2 Produksi Ternak Unggas. AKN Blitar juga membuka kelas Karyawan untuk program studi D2 Multimedia.

Semua program studi tersebut telah terakreditasi BAN-PT serta dapat mengikuti Kelas Transfer yang bekerjasama dengan Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Elektronik Surabaya, serta jaringan Politeknik vokasi lainnya di Indonesia.    (the)