India dan Pemkot Denpasar Jajaki Kerja Sama Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya

Duta Besar India untuk Indonesia Shri Manoj Kumar Bharti saat berkunjung ke Kantor Walikota Denpasar.

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS– Pemerintah India menjajaki kerja sama dengan Pemkot Denpasar dalam pengembangan pariwisata  yang berbasis budaya. Hal ini disampaikan oleh Duta Besar India untuk Indonesia Shri Manoj Kumar Bharti saat berkunjung ke Kantor Walikota Denpasar.

Kunjungan kehormatan Duta Besar Manoj Kumar Bharti disambut langsung oleh Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, Kamis (18/3/2021) di Kantor Walikota.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Shri Manoj Kumar memaparkan berbagai kerja sama yang dapat dijalin dengan Pemkot Denpasar. Kerja sama tersebut, meliputi pengembangan pariwisata, budaya, teknologi dan scholarship.

“Saya ke Bali dari Jakarta dengan menggunakan jalur darat, sembari menikmati keindahan alam dan  budaya Bali. Pura-pura yang dibangun sangat indah dan berdiri kokoh di Bali menggambarkan kuatnya masyarakat Bali dan pemerintah menjaga dan melestarikan  Budaya,” kata Shri Manoj.

Selain itu, pada pertemuan tersebut Dubes India juga membahas tentang pemberian beasiswa ke India bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkot Denpasar.

“Pemerintah kami menyediakan beasiswa bagi  masyarakat Indonesia. Kami harap pegawai dari Pemkot Denpasar dapat memanfaatkan  beasiswa tersebut untuk belajar ke India,” imbuhnya.

Walikota Jaya Negara mengapresiasi langkah-langkah Pemerintah India dalam menjalin kerja sama khususnya dengan Kota Denpasar. Jaya Negara menyampaikan, Bali dengan India memiliki banyak kesamaan budaya yang berlandaskan Agama Hindu.

Lebih Lanjut, Jaya Negara menyampaikan bahwa budaya merupakan basis dari pembangunan di Kota Denpasar. Begitu juga dengan pariwisata di Kota Denpasar sangat berkaitan dengan budaya. Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi baik di bidang pariwisata, budaya, teknologi dan pendidikan.

Selain itu, Jaya Negara menyampaikan Pemkot Denpasar telah menyiapkan Sanur sebagai zona hijau (free covid corridor) yang akan dibuka pada Juni-Juli 2021. Dan India merupakan salah satu target utama wisatawan yang diharapkan bisa berkunjung ke Denpasar.

“Saya berharap dengan adanya kerja sama ini, dapat meningkatkan kunjungan warga India ke Bali khususnya Sanur Denpasar,” kata Jaya Negara.     ((hum)