Wagub Cok Ace Sambut Baik Rencana India Memperkuat Kerja Sama dengan Bali

Wagub Bali Cok Ace dengan Dubes India untuk Indonesia .M. Shri Manoj L. Bharti

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Rencana India yang disampaikan oleh Duta Besar India untuk Indonesia Y.M. Shri Manoj L. Bharti untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia terutama Bali, disambut positif Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace). Hal itu terungkap pada audiensi antara Dubes India dengan Wagub Cok Ace bertempat di kantor Wakil Gubernur Bali, Denpasar, Rabu (17/3/2021).

Dubes Shri Manoj memaparkan berbagai kerja sama infrastruktur yang telah dilakukan dengan pemerintah Indonesia, dan dia berharap salah satunya bisa bekerja sama dengan Bali.

“Saya ke Bali dengan menggunakan jalur darat, sambil observasi kerja sama di bidang apa yang bisa kita ambil,” jelasnya dalam pertemuan yang turut juga dihadiri Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Pemprov Bali I Ketut Sukra Negara.

Dubes India juga menyinggung tentang pemberian beasiswa ke India bagi masyarakat Indonesia. “Pemerintah kami menyediakan 100 beasiswa yang nantinya akan disebar di seluruh Indonesia. Dan kami harap masyarakat Bali bisa menikmati beasiswa tersebut,” imbuhnya.

Wagub Cok Ace mengapresiasi langkah-langkah pemerintah India dalam menjalin kerja sama dengan Indonesia khsusnya Bali. Ia mengatakan hubungan Indonesia terutama Bali dengan India sudah terjalin dari dulu, bahkan hal itu bisa dilihat dari akulturasi budaya yang sangat kental pengaruh negara dari Asia Barat itu di Bali. Sehingga ia berharap dengan penguatan kerja sama ini, bisa membangun hubungan yang lebih erat dari kedua negara.

Selain itu, Wagub yang juga Ketua PHRI Bali ini menyinggung masalah Free Covid Corridor yang sedang dirancang untuk membuka pariwisata Bali.

Menurutnya beberapa negara yang menjadi target utama program tersebut adalah Belanda, India dan negara-negara di Timur Tengah.

“Jadi saya berharap dukungan Anda untuk meyakinkan warga India supaya bisa berkunjung ke Bali jika program tersebut sudah berjalan,” tandasnya. (ari)