Klaim Kasus Covid-19 Menurun, Walikota Blitar Apresiasi Kekompakan Warga Terapkan PPKM Mikro

Walikota Blitar Drs. Santoso (tengah) didampingi Kapolresta Blitar tinjau Posko PPKM Mikro Kel. Turi.

BLITAR, PERSPECTIVESNEWS– Walikota Blitar, Drs. Santoso, M.Pd mengklaim kasus Covid-19 makin menurun. Keberhasilan ini karena kekompakan warga menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro tahap kedua di Provinsi Jawa Timur yang berakhir hingga 22 Maret 2021.

“Saya mengapresiasi kekompakan warga dalam menerapkan PPKM Mikro. Semakin menurunnya jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di seluruh wilayah Bumi Bung Karno yang dapat tercapai, berkat sinergi terpadu antar lapisan masyarakat,” ungkap Walikota Blitar, Drs. Santoso, M.Pd ketika meninjau secara langsung Posko PPKM Mikro RW 03 Kelurahan Turi, Kecamatan Sukorejo, Selasa (16/3/2021).

Didampingi Kapolres Blitar Kota AKBP Dr. Yudhi Hery Setiawan serta Camat Sukorejo Juyanto yang turut meninjau posko, Walikota Santoso mengungkapkan, peran aktif masyarakat dalam penanggulangan Covid-19 dari lingkungan masing-masing seperti yang ada di posko RW 03 Kelurahan Turi yang kini telah berstatus Zona Hijau alias nol terkonfirmasi positif Covid-19.

“Tanggungjawab menangani tidak hanya dari Pemerintah Daerah saja tapi membutuhkan kerjasama seluruh lapisan masyarakat mulai dari tingkat RT/RW yang bahu membahu sehingga masyarakat proaktif. Seperti disini ada gotong royong antar warga ketika ada warga yang terkonfirmasi positif semua langsung kompak bergerak, ikut membantu mengirim logistik ketika ada yang isolasi mandiri. Juga ada koordinasi yang terpadu mulai dari tingkat RT sehingga memudahkan penanganan pandemi ini agar warga Kota Blitar bisa kembali beraktivitas dengan normal. Ini semua tidak lepas dari peran aktif masyarakat dari semua kalangan,” jelas Drs. Santoso dalam sambutannya kepada warga.

Pada acara tersebut Walikota Santoso juga menyampaikan, Pemerintah Kota Blitar tetap memprioritaskan penanganan Covid-19 secara terpadu dengan kebijakan refocusing anggaran yang ada dari setiap Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) sehingga penyerapannya sesuai dengan kebutuhan yang ada di lapangan.

“Saya berharap agar semua pihak dapat melanjutkan sinergi yang sudah baik ini dengan kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dan tertib melaksanakan protokol kesehatan, juga dari kebijakan rasionalisasi anggaran yang kami lakukan, semua dapat berjalan dengan baik hingga nanti Kota Blitar dapat segera terbebas dari pandemi Covid-19 secara keseluruhan,” pungkas mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar tersebut.    (the)