Gubernur Koster Ajak Kadin Berpartisipasi Pulihkan Bali

Gubernur Wayan Koster saat menerima audiensi Anindya Bakrie.

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Gubernur Bali Wayan Koster mengajak Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia turut serta dalam upaya pemulihan Bali yang terdampak pandemi Covid-19.
Ajakan itu disampaikan Gubernur Koster saat menerima audiensi Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotan dan Pemberdayaan Daerah Kadin Indonesia Anindya Bakrie di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar pada Jumat (12/3/2021).
“Selama ini saya rasa peran Kadin terutama Kadin Bali cukup besar dalam membantu pemulihan Bali. Saya dukung langkah tersebut dan mengapresiasi,” ungkap Gubernur Koster.
Gubernur Koster juga menyambut baik rencana Kadin menggelar Muswarah Nasional (Munas) di Pulau Dewata. Diharapkan kegiatan ini mampu memberi dampak positif bagi perekonomian Bali.
“Pihak kami akan fasilitasi, dan kami harap bisa turut menyukseskan acara tersebut,” kata Gubernur Koster.
Untuk itu pihaknya akan membantu menyiapkan rapid tes antigen bagi para peserta Munas. “Saya juga doakan Mas Anindya bisa terpilih memimpin Kadin ke depan,” ucap Gubernur Koster.
Lebih jauh, pria yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini mengatakan, program vaksinasi menjadi prioritas Pemprov Bali untuk mengatasi pandemi Covid-19.
Hal ini, lanjut dia, bertujuan untuk mengendalikan angka penularan Covid-19 guna mengembalikan kepercayaan masyarakat internasional pada Bali sebagai destinasi wisata dunia.
“Bahkan kunjungan wisdom pun sangat berpengaruh dengan angka positif (Covid-19, red). Jadi kuncinya di sana, kendalikan dulu angka infeksi untuk memulihkan pariwisata,” jelasnya.
Gubernur menambahkan percepatan program vaksinasi disinergikan dengan program Free Covid Corridor atau Pembukaan Zona Hijau Covid-19.
Apabila hal itu terlaksana dengan baik, Gubernur optimis citra pariwisata dan Bali secara umum akan berubah setelah dipulihkan.
“Semua sektor akan diarahkan untuk lebih bersih dan sehat. Udaranya, makanannya, sumber energinya, pola hidupnya harus sudah bergeser. Kita sudah siapkan sarana dan prasarana pendukungnya, ” ujarnya.
Sementara itu, Anindya Bakrie menegaskan Kadin Pusat dan daerah berkomitmen membantu pemulihan Bali dari dampak pandemi yang telah berlangsung setahun tersebut.
“Kami berterima kasih, Kadin selalu dilibatkan dalam usaha-usaha pemulihan selama ini. Bali harus bangkit sebagai barometer pariwisata Indonesia dan kami dukung penuh recovery Bali,” ucapnya. (ari)