Sat Pol PP Kota Denpasar Amankan ODGJ

Orang dengan gangguan jiwa yang diamankan Sat Pol PP Kota Denpasar.

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Sat Pol PP Kota Denpasar turut mengamankan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Jalan Cokroaminoto Denpasar pada Kamis (11/3/2021). Penertiban ODGJ tersebut karena ada laporan masyarakat kalau dia sering berulah dan bisa membahayakan keselamatan orang lain.

“Sebagai upaya untuk mendukung keamanan dan ketertiban umum di Kota Denpasar, terpaksa kami amankan agar tidak menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan,” kata Kasat Pol PP Kota Denpasar I Dewa Gede Anom Sayoga.

Ia mengatakan, penertiban tersebut dilaksanakan lantaran dianggap mengganggu ketertiban umum. Karenanya, ODGJ diamankan di Kantor Sat Pol PP Kota Denpasar.

“Saat ini sudah kami amankan di Kantor Sat Pol PP Kota Denpasar sambil mempersiapkan langkah selanjutnya,” ujarnya.

Dewa Sayoga menjelaskan, setelah diamankan, ODGJ tersebut justru mengamuk dan merusak sebagian fasilitas ruang binaan di Kantor Sat Pol PP Kota Denpasar.

“Kami sudah berupaya mencari tahu siapa keluarganya, karena warga sekitar tidak mengetahui dari mana ODGJ tersebut berasal, sehingga, guna menghindari hal yang tidak diinginkan kami amankan terlebih dahulu. Setelah kami amankan justru plafon dan genteng dirusak. Kami akan segera rujuk ke RSJ Bangli untuk mendapat penanganan lebih lanjut,” kata Sayoga.

Dewa Sayoga mengimbau masyarakat jika mempunyai anggota keluarga yang menderita gangguan jiwa agar memperhatikan keluarganya sehingga tidak sampai berkeliaran di jalan dan bisa membahayakan keselamatan orang lain dan menganggu ketertiban masyarakat Kota Denpasar.

“Jadi tak henti-hentinya kami mengajak masyarakat agar senantiasa selalu mengindahkan aturan yang berlaku, sehingga Denpasar menjadi kota yang ramah, aman dan nyaman bagi siapapun yang berkunjung,” ujarnya sembari mengajak untuk selalu menerapkan protokol kesehatan lantaran pandemi Covid-19 belum usai. (hum)