Pemkab Pamekasan Laporkan Tambahan Tiga Kasus Baru Covid-19

Pemkab Pamekasan umumkan adanya penambahan tiga pasien Covid-19.

PAMEKASAN, PERSPECTIVESNEWS – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Kamis (11/3/2021) melaporkan tambahan tiga kasus baru Covid-19, sehingga total jumlah warga yang terinfeksi SARS-CoV-2 per tanggal 11 Maret 2021 mencapai 1.123 orang.

“Tambahan sebanyak tiga kasus baru Covid-19 ini juga menyebabkan jumlah pasien yang menjalani perawatan bertambah dari sebelumnya 29 orang menjadi 32 orang,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Pamekasan Arif Rachmansyah di Pamekasan, Kamis (11/3/2021).

Arif menjelaskan, ketiga pasien baru Covid-19 itu semuanya berasal dari Kecamatan Pamekasan. Masing-masing SS (54), SA (50) dan AS (62).

Sebelumnya, kata Arif, seperti dikutip Antara, ketiga orang itu masuk kategori suspek. Hasil tes usap ketiganya terkonfirmasi positif sehingga tim Satgas Covid-19 langsung mengisolasi ketiganya di Rumah Sakit Umum Daerah Pamekasan.

Menurut Arif, dibanding tiga bulan sebelumnya, penambahan kasus baru sudah tergolong rendah, mengingat sebelumnya kasus harian Covid-19 antara lima hingga enam orang per hari.

“Rendahnya kasus baru ini, tentu tidak lepas dari peran pemerintah dan masyarakat dalam menegakkan disiplin protokol kesehatan,” katanya.

Selain itu, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Kabupaten Pamekasan, khususnya di desa dan kelurahan, juga menjadi salah satu penyebab turunnya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pamekasan.

“Upaya melakukan sosialisasi melalui media dan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat (KIM) juga menjadi salah satu penyebab Pamekasan bisa menekan kasus baru Covid-19,” katanya menjelaskan. (red)