Bupati Thoriqul Haq Sambangi Warga Sawaran Kulon

Bupati Lumajang, Jawa Timur Thoriqul Haq bersama Komandan Kodim 0821 Letkol Inf Andi Andriyanto saat mengunjungi warga terdampak bencana tanah longsor dan lokasi longsor di Desa Sawaran Kulon.

LUMAJANG, PERSPECTIVESNEWS – Bupati Lumajang, Jawa Timur Thoriqul Haq bersama Komandan Kodim 0821 Letkol Inf Andi Andriyanto mengunjungi warga terdampak bencana tanah longsor dan lokasi longsor di Desa Sawaran Kulon, Rabu (3/3/2021).

Titik pertama yang dikunjungi adalah Kantor Kepala Desa Sawaran Kulon untuk memastikan kondisi sekaligus melakukan dialog bersama warga yang mengungsi akibat rumah yang ditempatinya tertimpa longsoran dan tidak bisa digunakan untuk tempat tinggal lagi.

“Kami datang ke Desa Sawaran Kulon untuk berdialog dengan masyarakat terdampak dan akan meninjau langsung ke lokasi bencana tanah longsor,” kata Bupati di lokasi bencana di Dusun Desa Sawaran Kulon, Kecamatan Kedungjajang.

Bupati beserta Dandim 0821/Lumajang ingin memastikan keadaan warga yang mengungsi akibat bencana tanah longsor dan sementara mereka menempati kantor desa setempat.

“Kami berharap masyarakat yang terkena dampak bencana tanah longsor agar tidak berat hati untuk menempati rumah yang sudah disediakan oleh pihak PT. Agri Halba karena mereka buruh pabrik di perusahaan tersebut,” katanya.

Bupati juga mengimbau masyarakat terdampak bencana alam tanah longsor untuk sementara tidak kembali dan tinggal di area lokasi kejadian karena kondisi cuaca saat ini masih kurang bersahabat, sehingga dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

“Pemerintah daerah juga sudah menyediakan kebutuhan pokok, makanan serta tempat tidur yang dipergunakan untuk masyarakat pengungsi atau tinggal sementara di Kantor Kepala Desa Sawaran Kulon,” kata Thoriqul Haq. (red/ant)