Bupati Tamba Tinjau Sejumlah Sarana Kesehatan di RSU Negara

Bupati Tamba di RSU Negara untuk melihat langsung sarana kesehatan yang ada.

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS– Bupati Jembrana I Nengah Tamba meninjau sejumlah sarana kesehatan di RSU Negara, Rabu (3/3/2021). Kunjungan bupati untuk memastikan pelayanan kesehatan di Jembrana, maksimal.  

Kunjungan orang nomor satu di Jembrana itu guna melihat secara langsung jalannya pelayanan serta sarana prasarana di rumah sakit milik pemerintah di Jembrana. Bangunan ditinjau mulai dari sarana IPAL, gedung rawat jalan, lokasi rencana penambahan tempat ibadah, serta pelaksanaan vaksinasi yang dipusatkan di Lantai III Gedung IRJ.  

Selain itu, melihat sarana prasarana yang mesti dilengkapi guna memaksimalkan pelayanan. Salah satunya menambah sarana ibadah di RSU Negara berupa mushola bagi umat muslim. Lokasinya di sisi utara gedung RSU, bersebelahan dengan pura RSU.

“Kami berencana membangun musholla. Ini sesuai aspirasi masyarakat serta janji politik kami kemarin,“ katanya.

Dijelaskan Bupati Tamba, ia sangat percaya kesembuhan pasien tidak hanya dari tindakan medis tapi juga berkat doa. ”Saya meyakini 40 % kesembuhan itu dari doa. Begitu juga dengan orang Bali, bila keluarganya masuk rumah sakit selalu membawa daksina memohon keselamatan agar diberikan kesehatan di pura yang ada di rumah sakit. Semua umat seperti itu. Karena itu sarana ibadah sangat penting di rumah sakit,” kata Bupati Tamba.

Dalam kunjungannya ke RSU Negara, Bupati Tamba juga sempat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap awak media yang bertugas di Jembrana. Sebanyak 16 awak media yang berasal dari media cetak, media elektonik serta media online mendapat giliran vaksinasi dosis pertama. Tempatnya di RSU Negara karena ditunjuk sebagai salah satu fasilitas kesehatan tempat melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Jembrana.

Bupati Tamba menambahkan, penanganan pandemi Covid-19 di Jembrana merupakan fokus kerjanya saat ini. Hal ini juga sesuai dengan sesuai Instruksi Presiden dan Gubernur kepada Bupati dan Wakil Bupati yang baru dilantik sebagai program prioritas.

Khusus sasaran, ia berharap warga rentan dan pelayan publik bisa diutamakan saat vaksinasi tahap II berjalan.

“Pelayan publik, juga para jurnalis dalam kegiatannya selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga mereka sangat rentan terpapar. Untuk itu, saya berharap mudah-mudahan pada hari ini proses vaksin kepada para jurnalis di Jembrana ini berjalan lancer agar permasalahan Covid-19 ini bisa segera dituntaskan,” tegasnya.

Ia mengaku siap berjuang untuk mendapatkan tambahan alokasi vaksin guna meminimalisir warga sasaran tercecer.      

Ia juga mengimbau warganya agar jangan takut divaksin. Menurutnya, vaksinasi adalah solusi saat ini guna melawan Covid-19.

“Masyarakat tidak usah takut divaksin. Takutlah akan penyakit daripada nanti dijemput petugas Covid-19 berpakaian APD lengkap. Lebih baik divaksin dari pada mati. Sabar dulu nantinya akan ada giliran untuk masyarakat yang akan segera divaksinasi,” pungkasnya.    (adi/utu)