Bupati Tamba Buka TTMD ke-110, Tinjau Pembangunan Jalan Rabat Beton

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS– Bupati Jembrana I Nengah Tamba secara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 bertempat di Gedung Kesenian Bung Karno, Selasa (2/3/2021).

Usai pembukaan dilanjutkan peninjauan ke lokasi pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1,3 km serta senderan 400 meter di Banjar Petanahan, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana. 

TMMD digelar tiap setahun sekali, merupakan sinergi dan program terpadu TNI bersama pemerintah daerah dan masyarakat.

Turut hadir dalam pembukaan, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi, Pj Sekda, I Nengah Ledang juga Komandan Korem 163 /Wirasatya, Brigjen TNI Husein Sagaf dan anggota Forkopimda Jembrana.

Di sela-sela peninjauan lokasi TMMD, Bupati I Nengah Tamba mengatakan, secara ekonomi, pembangunan infrastruktur berupa jalan desa yang dijadikan pilot projek dalam TMMD nilainya sangat ekonomisefisien. Pasalnya, dari kondisi awal hanya jalan setapak sehingga tidak maksimal dan mengkhawatirkan bagi masyarakat.

“TMMD ini sangat bermanfaat. Sebelumnya, kondisi jalan yang dilewati masih becek, berakibat biaya produksi mahal bagi masyarakat. Namun setelah diperbaiki melalui kegiatan TMMD nanti, otomatis biaya buruh akan sangat efisien. Hasil-hasil panen pertanian petani akan cepat sampai pada titik pengepul,” ujarnya.

Bupati Tamba juga bersyukur kepada TNI, kegiatan TMMD bisa dilaksanakan di saat pandemi Covid-19. Walaupun pandemic masih berlangsung, berbagai tahapan kegiatan terpadu melalui TMMD ini bisa dilaksanakan dengan baik.

Sementara Dandim 1617 Jembrana, Letkol. Inf. Hasrifuddin Haruna mengatakan, kegiatan TMMD ke-110 melibatkan tenaga 1 SSK gabungan 150 orang.

”Selama pelaksanaan TMMD, semua personil tidak bermasalah dari sisi kesehatannya. Sebelumnya, semua personil telah melalui rapid antigen dan semuanya negatif. Kita harapkan semua personil gabungan dalam pelaksanaan TMMD yang berlangsung selama satu bulan hingga akhir Maret nanti, berjalan lancar,” harapnya.

Sementara Perbekel Desa Batuagung, I Nyoman Sudarma mengaku, lokasi yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan TMMD ke-110 sudah tepat. Lokasinya strategis merupakan pembangunan infrastruktur jalan desa yang menghubungkan 3 (tiga) banjar.

“Jalur yang disasar berupa pembangunan dan perbaikan jalan desa serta gorong-gorong yang menghubungkan 3 (tiga) banjar yakni Banjar Batuagung, Palungan Batu serta Banjar Petanahan,” ujarnya.      (utu/abhi)