Satgas Covid-19 Kota Denpasar Ingatkan Warga Tidak Lengah

I Dewa Gede Rai

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Angka pertambahan kasus Covid-19 di Kota Denpasar masih terjadi di mana pada hari Senin (1/3/2021) kasus positif baru bertambah 78 orang sedangkan pasien sembuh bertambah 64 orang.

“Untuk pasien meninggal dunia hari ini nihil, meski begitu kami minta masyarakat tidak lengah karena angka pertambahan kasus ini masih terjadi,” ucap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Senin (1/3/2021).

Dewa Rai mengatakan, meski sudah diberikan kelonggaran dalam beraktivitas, namun penerapan protokol kesehatan merupakan kewajiban. Ia juga mengingatkan, titik-titik lengah menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat drastis.

Menurut dia berbagai upaya  terus dilakukan guna mendukung upaya penurunan zona risiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian. Karenanya bagi desa/kelurahan yang mengalami lonjakan kasus akan mendapat perhatian serius Satgas Covid-19 Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut Dewa Rai juga mengajak  masyarakat untuk mengurangi mobilitas,  dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini mengingat tren peningakatan kasus yang diiringi dengan menurunnya angka kesembuhan akan berpengaruh pada ketersediaan ruang isolasi dan perawatan.

“Mohon kepada masyarakat untuk  melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes yang ketat untuk meminimalisir klaster keluarga, hal ini mengingat tingkat hunian isolasi dan ICU yang terus meningkat berpengaruh kepada ketersediaan ruang rawat,” jelasnya.

Kini dengan adanya penambahan baru, secara komulatif kasus positif tercatat 10.802 kasus,  angka kesembuhan mencapai 9.680 orang  (89,62%), meninggal dunia 199 orang (1,84%) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan 923 orang (8,54%). (hum)