Menteri Bintang Puspayoga Ajak WHDI Tingkatkan Kreativitas dan Inovatif

Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara saat hadiri HUT WHDI Bali.

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Peringatan HUT Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) ke-33 Provinsi Bali digelar secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan secara daring dan luring dipusatkan di Graha Sewakadarma Kota Denpasar, Minggu (28/2/2021).

Hadir secara virtual, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati Pupayoga. Menteri Bintang Puspayoga mengingatkan agar WHDI terus menjadi organisasi kreatif dan inovatif dalam mendorong perempuan Hindu produktif.

“Saya mengajak seluruh jajaran WHDI menjadikan HUT ke-33 ini sebagai  ajang evaluasi dan introspeksi diri sehingga secara berkelanjutan WHDI terus menjadi organisasi yang kreatif dan inovatif,” ucap Bintang Puspayoga.

Ke depan, lanjut Bintang, WHDI diharapkan mampu menjadi inspirasi dan semangat di masa pandemi Covid-19. Hal ini lantaran perempuan merupakan garda terdepan pencegahan penularan Covid-19 di keluarga.

Bintang Puspayoga juga menekankan kreativitas dan inovasi menjadi penting saat pandemi. Dimana, berdasarkan data BPS, penjualan online cenderung stabil dan mengalami peningkatan. Sehingga angin segar ini harus dimanfaatkan di masa pandemi saat ini.

Sebelumnya Ketua WHDI Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara yang juga Ketua Panitia HUT ke-33 WHDI Provinsi Bali mengatakan, peringatan HUT ke-33 WHDI tahun ini mengusung tema ‘Tingkatkan kreasi, inovasi, ekonomi kreatif agar Bangsa Indonesia selamat dari Ancaman Pandemi Covid-19’.

“Peringatan tahun ini digelar secara sederhana di tengah mewabahnya Covid-19. Meski demikian, keterbatasan ini tidaklah menjadi hambatan untuk berkreativitas,” jelasnya.

Dikatakan Sagung Antari peringatan tahun ini dimeriahkan berbagai kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan. Yakni Pelaksanaan Uji Kompetensi Tata Rias Kulit, Campaign HUT WHDI melalui Twibbon, Webinar Series yang dilaksanakan secara rutin setiap hari Sabtu dan Minggu. bhakti sosial, donor darah, sembahyang bersama dan puncak peringatan HUT ke33 WHDI.

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara mengatakan, di usia yang ke-33 ini, WHDI diharapkan terus membangun sinergitas bersama pemerintah baik pusat dan daerah. Hal ini merupakan sebuah upaya terintegrasi untuk dapat mengurangi dampak pandemi Covid-19.

“Di dalam keluarga, keberadaan wanita sangatlah penting, salah satunya adalah untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada keluarga tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan, khususnya dalam situasi pandemi saat ini,” ujarnya.

Jaya Negara mengatakan, WHDI juga diharapkan mampu mendukung penguatan perekonomian dan ketahanan pangan masyarakat. Hal ini dapat dilaksanakan dengan kreasi dan inovasi ekonomi kreatif sesuai dengan tema yang diangkat pada tema HUT ke-33 ini.

“Dirgahayu WHDI ke-33, besar harapan ke depan selalu terbangun sinergitas yang kokoh antara WHDI dan pemerintah dalam menyukseskan program di bidang pemberdayaan perempuan, khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, serta pelestarian adat dan budaya,” ujarnya. (hum)