Usai Dilantik, Bupati Tamba Tinjau Banjir di Desa Pengambengan

Bupati Tamba saat meninjau desa yang terdampak banjir di Desa Pengambengan.

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS– Sehari setelah resmi dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dan I Gede Ngurah Patriana Krisna langsung turun ke masyarakat. Kunjungan pertamanya adalah salah satu desa yang terdampak banjir yakni Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Sabtu (27/2/2021).

Belakangan ini cuaca tidak menentu dan sering terjadi curah hujan lebat mengakibatkan kawasan di pesisir khususnya di Desa Pengambengan terjadi banjir yang mengakibatkan puluhan rumah warga terendam air. 

Kehadiran Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna, Plt Sekda Kabupaten Jembrana I Nengah Ledang beserta Jajaran pimpinan OPD Pemkab Jembrana guna meninjau kondisi pasca banjir yang sempat merendam puluhan rumah warga. Di lokasi, bupati beserta jajaran juga memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Saat turun ke kawasan pemukiman warga di Banjar Munduk, tepatnya di depan Politeknik Kelautan Perikanan (Poltek KP) Jembrana, sisa genangan air di pekarangan rumah sudah jauh berkurang dibanding kondisi awal banjir. Air yang masih menggenang hanya setinggi pergelangan kaki.

Bupati I Nengah Tamba mengatakan, kedatangannya ke Desa Pengambengan untuk mencari solusi dan melihat secara langsung situasi dan keadaan masyarakat yang terdampak banjir. Sebelumnya, ia sudah mengetahui persis kalau di Desa Pengembangan sering terjadi banjir, khususnya di Kelurahan Banjar Munduk, Desa Pengambengan.

“Hari ini tepat sehari kami dilantik, langsung turun ke lapangan untuk melihat secara langsung. Kita akan bekerja cepat, berkoordinasi dengan OPD terkait untuk segera dicarikan solusi dan itu akan difokuskan di penganggaran perubahan. Bantuan sembako juga turut diberikan, astungkara bisa membantu untuk meringankan beban masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, dirinya ingin membangun Desa Pengambengan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ia juga berharap kepada masyarakat yang terkena musibah banjir agar tetap bersabar. “Saya harap masyarakat harus bersabar dulu. Mudah-mudahan ke depannya dengan anggaran yang mencukupi, kita akan selesaikan masalah banjir di Desa Pengambengan,” harap Bupati Tamba.

Kepada masyarakat, Bupati Tamba mengimbau untuk lebih peduli terhadap masalah kebersihan lingkungan, salah satunya sampah. “Seperti kita ketahui, salah satu penyebab banjir adalah tersumbatnya saluran air akibat lingkungan yang tidak bersih karena sampah. Untuk itu saya mohon kepada masyarakat lebih peduli untuk tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (adi/utu/humj)