SMSI Bali Berikan Pelatihan Jurnalistik kepada 10 Staf Humas Pemkot Denpasar

Ketua SMSI Bali, Emanuel Dewata Oja menyerahkan Piagam Penghargaan terkait kegiatan Pelatihan Jurnalistik kepada Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, di ruang Praja Utama Kantor Wali Kota Denpasar, Senin (22/2/2021)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Mengemban tanggung jawab sebagai jurnalis profesional, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bali yang dihuni wartawan-wartawan senior memberikan pelatihan jurnalistik kepada 10 staf humas Pemkot Denpasar di ruang Praja Utama Kantor Wali Kota Denpasar, Senin (22/2/2021).

Kegiatan sehari bekerja sama dengan Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar itu menampilkan dua narasumber utama Wakil Ketua Bidang Organisasi SMSI Provinsi Bali, Dewa Suta Sastradinata yang membawakan materi tentang “Teknik Penulisan Berita (straight news), dan Penggunaan Bahasa Jurnalistik dalam Penulisan Berita”.

Pembicara kedua,  Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga SMSI Provinsi Bali, Djoko Purnomo dengan materi tentang “Teknik Wawancara”.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat membuka pelatihan dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) staf Humas dan Protokol Kota Denpasar dalam membuat berita-berita rilis yang sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di Humas, sehingga berita yang dirilis dapat memenuhi kaidah-kaidah jurnalistik, serta informasi yang disampaikan ke masyarakat bisa diterima dengan baik,” terangnya.

I Dewa Gede Rai tampil sebagai narasumber dalam simulasi teknik wawancara yang dilakukan peserta pelatihan jurnalistik. Dia mengatakan, peserta yang mengikuti pelatihan dibatasi karena sedang pandemi Covid-19. Selain juga untuk mendukung efektivitas bagi peserta pelatihan.

“Guna mendukung efektivitas dan produktivitas pelatihan, jumlah  peserta dibatasi, kami tidak melibatkan unsur OPD. Untuk kesempatan kali pertama ini pesertanya khusus staf humas saja,” ujarnya.

Foto bersama peserta pelatihan jurnalistik dengan para pemakalah dan panitia lainnya.

Dewa Rai yang didampingi Kasubag Pengumpulan Informasi dan Publikasi AA Ngurah Mahendra berharap dari pelatihan ini bisa memberikan kontribusi khususnya kepada staf humas dalam menulis berita-berita rilis dengan baik dan benar, sesuai kaidah-kaidah jurnalistik.

“Target minimal dari pelatihan ini diharapkan para peserta mengetahui cara menulis berita yang baik dan benar, sesuai kaidah-kaidah jurnalistik,” harap Dewa Rai, seraya menambahkan, pelatihan semacam ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan bekerja sama dengan SMSI Bali.

Sementara Ketua SMSI Provinsi Bali, Emanuel Dewata Oja mengatakan, kegiataan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan staf Humas Kota Denpasar dalam menulis berita-berita rilis terutama terkait dengan kegiatan yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Menurut pria asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akrab disapa Edo ini, pelatihan jurnalistik kali ini dilaksanakan terkait peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang jatuh setiap 9 Februari.

“Kerja sama ini diharapkan kian mempererat jalinan silaturahmi antara Pemkot Denpasar khususnya bagian Humas dan Protokol dengan SMSI Provinsi Bali,” kata Edo, sembari berharap, kerja sama ini tidak berhenti sampai di sini saja, tetapi akan terus berlanjut ke seluruh kabupaten yang ada di Bali. (red/hms)