Tim Panjat Tebing PON dari Sembilan Provinsi Jajal Bali

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Tim panjat tebing Bali yang dipersiapkan berlaga di PON XX/2021 Papua bakal mendapat lawan sesama atlet panjat Tebing PON dari sembilan provinsi. Mereka rencananya beruji coba di Bali pada bulan April mendatang dalam kejuaraan mini di lintasan panjat tebing kawasan Lapangan Alit Saputra, Tabanan.

Ketua Umum Pengprov FPTI Bali Putu Yudi Atmika didampingi Wakil Ketua Umum II FPTI Bali Suhardi Eka Prasetya, mengatakan, memang rencana tersebut sudah tersusun tinggal melihat perkembangan nantinya.

“Ya memang rencananya seperti itu dan semoga bisa terealisasi karena dengan seperti PON atau kejuaraan mini, maka bisa menjadi ajang pemanasan sebelum para atlet PON itu turun di ajang sebenarnya yakni PON XX/2021 di Papua Oktober mendatang,” kata Putu Yudi Atmika diamini Suhardi Eka Prasetya, Kamis (18/2/2021).

Sembilan provinsi itu disebutkan pria yang juga pengurus KONI Bali itu meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi, Bengkulu, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan NTB.

Sementara itu Suhardi menambahkan, nantinya yang bakal diperlombakan tak lain yakni hanya untuk perorangan tiga nomor seperti boulder, lead dan speed. Sedangkan untuk peserta diperkirakan mencapai sekitar 60 atlet putra dan putri.

“Bali pastinya bakal menurunkan 12 atlet putra dan putri dengan rincian 8 atlet PON yang merupakan kuota tim ditambah dengan 4 atlet pelapis yang kualitasnya juga tak diragukan lagi. Bagus event ini karena bisa menjadi tolak ukur kualitas dan fisik para atlet panjat tebing Bali itu,” demikian Suhardi. (zil)