Tsitsipas Hentikan Langkah Nadal di Perempat Final Australian Open

Stefano Tsitsipas (FOTO: ausopen.com)

MELBOURNE – Pertarungan sarat strategi dan taktik disajikan petenis Yunani Stefano Tsitsipas dan Rafael Nadal dari Spanyol saat keduanya bertemu di babak perempat final Australian Open 2021, di Rod Laver Arena pada Rabu (17/2/2021) malam.

Dalam laga tersebut Tsitsipas yang berperingkat lima dunia ini mengalahkan Nadal yang berperingkat dua dengan 3-6 2-6 7-6 (4) 6-4 7-5 sekaligus maju ke semifinal. Di semifinal dia bakal menantang peringkat empat Daniil Medvedev.

Kemenangan Tsitsipas atas Nadal di Australian Open adalah yang pertama kalinya. Sempat teringgal di set pertama dan kedua, namun Tsitsipas bangkit di tiga set berikutnya untuk mengubur impian Nadal maju ke semifinal.

Dalam pertandingan berlangsung hampir 4 jam itu kedua pemain berbalas serangan dengan bola-bola deras ke arah base line masing-masing.  Satu pukulan keras bisa membalikkan keadaan Nadal secara luar biasa membuang overhead dengan skor 1-0 pada tiebreak set ketiga.

Tsitsipas hanya menghadapi satu break point dalam tiga set terakhir pada game terakhir karena ia menjadi orang kedua yang mengungguli Nadal di Grand Slam setelah kalah pada dua set pertama.

“Saya tidak bisa berkata-kata. Saya tidak memiliki kata-kata untuk menggambarkan apa yang baru saja terjadi. Rasanya luar biasa bisa bertarung di level seperti itu dan hanya bisa memberikan segalanya di lapangan,” kata Tsitsipas seusai laga.

Ia mengakui memulai pertandingan melawan Nadal dengan sangat gugup. Dirinya mencoba tenang pada set kedua, tetapi hasilnya juga set tersebut gagal direbutnya.

“Saya tidak akan berbohong, tetapi saya tidak tahu apa yang terjadi setelah set ketiga. Saya baru saja terbang seperti burung kecil, semuanya bekerja untuk saya. Emosi pada akhirnya tak terlukiskan,” ujarnya dengan nada terbata. (red)