Kejutan, Muchova Kalahkan Barty di Perempat Final Australian Open

Karolina Muchova (FOTO: ausopen.com)

MELBOURNE – Petenis tuan rumah juara Australian Open tahun lalu Ashleigh Barty tersingkir di tangan petenis Ceko Karolina Muchova 6-1, 3-6, 2-6 di perempat final, Rabu (17/2/2021).

Muchova seusai pertandingan mengakui dirinya mulai sedikit bingung di akhir set pertama, sementara lawannya Barty bermain sangat bagus dan nyaris hampir tidak melakukan kesalahan.

Muchova yang mengeluhkan sakit kepala, sempat mendapat penanganan medis di set kedua. Namun setelah kembali ke lapangan, permainan unggulan ke-25 ini mengalami perkembangan dan mengimbangi Barty yang digadang negaranya bisa mengakhiri kekeringan gelar Grand Slam Australian Open sejak 1978.

“Kepalaku pusing jadi aku istirahat, mereka hanya mengecek tekanan darahku. Seperti yang saya katakan, saya sedikit merasa bingung dan berputar. Mereka mendinginkan saya dan itu membantu,” Muchova menceritakan.

Di sisi lain, Barty tidak membuang-buang waktu dalam menunjukkan kendalinya. Ia terus mengukir peluang dari servis Muchova tetapi gagal mengubahnya dan jumlah kesalahannya melonjak saat dia mencoba menyelesaikan poin terlalu dini untuk merebut kembali momentum.

Muchova mencetak 17 winner selama pertandingan dan menantang keberaniannya untuk melakukan servis demi kemenangan pada upaya pertama, memastikan tempatnya di empat besar dengan sebuah ace.

“Saya hanya mencoba memukul bola dan melakukannya, bermain sedikit lebih cepat dan menjadi poin. Saya senang mengatasinya dengan baik,” pungkasnya.

Di semifinal, Muchova yang masuk pada babak empat besar Grand Slam perdananya akan menghadapi wakil Amerika Serikat Jennifer Brady yang pada pertandingan setelahnya menang atas rekan senegaranya Jessica Pegula. (red)