KONI Bali Optimis PON Papua Digelar Sesuai Jadwal

: Ida Ayu Ratih Herawati

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – KONI Bali mengaku optimis jika PON XX/2021 di Papua bakal tetap digelar dengan jadwal yang telah ditentukan pada 2-13 Oktober mendatang. Bahkan hajatan olahraga empat tahunan di Indonesia itu bakal dilaksanakan Pemerintah. Dan tak ditunda lagi seperti sebelumnya.

“Seperti diutarakan Pak Ketua Umum kalau PON Bali diyakini tidak akan ada penundaan lagi. Pertimbangan PON Papua tetap digelar di akhir 2021 ini dengan pertimbangannya sangat kompleks. Jadi dalam kondisi apapun tetap harus mengangkat nama Papua yang merupakan provinsi sebagai bagian dari NKRI. Itu tujuannya jauh lebih penting. Meskipun PON sesungguhnya adalah sebagai ajang prestasi dan gengsi,” ujar Wakil Sekretaris Umum KONI Bali Ida Ayu Ratih Herawati, Selasa (16/2/2021).

Namun di balik semua itu, lanjutnya, ada kepentingan Pemerintah yang lebih besar terkait Papua. Berangkat dari semua itu, wanita yang akrab disapa Dayu Ratih itu mengajak semua atlet Bali untuk serius dalam mempersiapkan diri. Karena itulah tidak ada lagi istilah dan tidak lagi berbicara jadi atau tidak digelarnya PON Papua.

“Menurut Pak Ketum ada hal yang lebih penting soal PON. Olahraga itu sebagai sarana atau alat pemersatu dan kesatuan bangsa. Kami yakin Pak Presiden RI Joko Widodo akan menggelar pertandingan PON. Makanya meski kondisi sulit Pemerintah percaya dengan Papua,” papar Dayu Ratih.

Dan apapun keputusannya nanti, termasuk jika atlet harus ada karantina selama dua pekan begitu tiba di Papua tetap akan dilakukan. Memang uang adalah perhitungan terakhir hanya saja untuk ke depannya memang masih belum diketahui secara pasti. Karena itulah persiapan sekarang harus terstruktur, terencana dan sistematis.  (ari)