Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Jembrana mulai Dilaksanakan

Bupati Artha saat menghadiri vaksinasi Covid-19 tahap II.

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS– Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Kabupaten Jembrana mulai dilakukan, Sabtu (13/2/2021) di lantai III Gedung Instalasi Rawat Jalan (IRJ) RSU Negara.

Vaksinasi Tahap II dihadiri oleh Bupati Jembrana I Putu Artha, didampingi Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf. Hasrifuddin Haruna, Kajari Jembrana Pipiet Suryo Priarto Wibowo, Pj. Sekda Jembrana I Nengah Ledang,  Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jembrana, Wakil Ketua MUI Jembrana Syarif Hidayatullah dan tenaga kesehatan (nakes) yang sudah menjalani vaksinasi tahap I.

Seperti diketahui pada vaksinasi tahap II ini, Bupati Jembrana I Putu Artha kembali tidak bisa menerima suntikan vaksin Covid-19 dikarenakan tidak lolos screening sehingga tidak memenuhi syarat sebagai penerima vaksin Covid-19. Hal tersebut mengacu pada screening vaksinasi tahap I dikarenakan penyakit komorbid. 

Bupati Jembrana I Putu Artha menyampaikan pelaksanaan vaksinasi tahap II yang diperutukkan bagi Forkopimda dan Nakes agar berjalan dengan lancar serta sesuai dengan target peruntukannya sehingga segera bisa dituntaskan.

Untuk vaksinasi tahap selanjutnya, pihaknya berharap agar melakukan screening lebih awal, sehingga vaksin yang dibutuhkan untuk tahapan selanjutnya bisa lebih awal didapatkan. “Lakukan screning lebih awal, karena sekian banyak syarat yang harus dilalui, sehingga kita bisa menentukan jumlah vaksin di Jembrana untuk tahap berikutnya,” ujarnya. 

Sementara Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf. Hasrifuddin Haruna usai memperoleh suntikan vaksin Covid-19 tahap II memaparkan, dirinya tidak merasakan gejala apapun, sama seperti saat disuntikkan vaksin Covid-19 pada tahap I.

“Saya tekankan kembali kepada seluruh masyarakat Jembrana, vaksin Covid-19 ini aman dan jangan takut untuk divaksin, karena ini demi kebaikan kita bersama. Dengan adanya vaksin Covid-19 ini tentu menjadi harapan kita bersama dapat memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Jembrana,” tegasnya. 

Sementara itu Juru Bicara SatuanTugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana I Gusti Agung Putu Arisantha menjelaskan dilaksanakannya kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi jajaran Forkopimda dan tenaga kesehatan (Nakes) untuk tahap II ini merupakan kelanjutan dari tahap I yang sudah dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2021 lalu dan 13 Februari 2021 adalah tahap II.

Untuk jumlah nakes yang divaksin, harus sama dengan sasaran pada pelaksanaan vaksinasi tahap I yaitu berjumlah 502 nakes. “Untuk itu, semoga pelaksanaan vaksinasi tahap II ini berjalan dengan lancar sehingga hasilnya sama dengan vaksinasi tahap I sehingga target vaksinasi semua nakes yang jumlahnya 1759 diharapkan selesai pada tanggal 20 Februari 2021,” imbuhnya.    (utu/hum)