Rublev Hadapi Medvedev di Perempat Final Australian Open

Andrey Rublev (FOTO: ausopen.com)

MELBOURNE – Petenis peringkat delapan ATP Andrey Rublev mengamankan perempat final pertamanya di Australian Open dan akan menghadapi rekan senegaranya Daniil Medvedev.

Petenis Rusia itu lolos dari babak 16 besar dengan skor 6-2, 7-6(3) atas petenis Norwegia Casper Ruud yang mundur dari pertandingan akibat cedera otot perut setelah bertanding selama satu jam 17 menit, Senin (15/2/2021).

Kedua petenis Rusia yang akan bertemu pada hari Rabu itu sama-sama baru menjejakkan kaki mereka pada babak delapan besar di ajang Grand Slam awal musim ini.

“Setidaknya satu dari kami (petenis Rusia) akan berada di semifinal, paling tidak itu kabar baiknya. Tapi besok akan menjadi pertandingan yang sulit. Maksud saya, terakhir kali dia mengalahkan saya pada perempat final US Open,” kata Rublev seperi dikutip ausopen.com, Senin (15/2/2021).

Kemenangan Rublev menjadi momen bersejarah bagi tenis Rusia saat ia bergabung dengan peringkat empat dunia Medvedev, serta petenis kualifikasi Aslan Karatsev di babak delapan besar. Ini adalah pertama kalinya di Open Era ada tiga petenis putra asal Rusia yang mencapai perempat final di Grand Slam yang sama.

“Sekarang kami kembali berada di perempat final di Australia. Jadi kita akan lihat apa yang akan terjadi. Saya harap kami dapat menunjukkan pertarungan dan level yang hebat,” katanya menambahkan.

Sementara itu, Ruud membutuhkan waktu istirahat medis pada set kedua karena dia berjuang dengan cedera otot perut. Sekembalinya ke lapangan, Ruud menaikkan levelnya dan mengalahkan Rublev selama empat gim untuk memimpin 5-3.

Kedua petenis itu menemui jalan buntu menuju tie-break, di mana Rublev akhirnya membuat jarak di antara poin mereka dengan serangkaian winner. Setelah Rublev mengklaim tie-break, Ruud mengundurkan diri dan mempersilakan Rublev ke perempat final Grand Slam keempatnya.

Pertandingan lainnya, unggulan kedua Rafael Nadal bertarung keras untuk mengatasi perlawanan Fabio Fognini di babak keempat dan memastikan tempatnya di perempat final Australian Open untuk ke-13 kalinya.

Bintang tenis asal Spanyol itu meraih kemenangan 6-3, 6-4, 6-2 atas unggulan 16 asal Italia tersebut dalam dua jam dan 16 menit di Rod Laver Arena, Melbourne.

“Ketika melawan Fabio, ada rasa khawatir. Selalu ada masalah. Saya hanya beruntung karena ketika dia mematahkan servis, saya langsung merespons dan menahan skor. Hari ini sangat lembab dan lebih cepat di siang hari, tapi saya harus beradaptasi dengan setiap kondisi,” tutur Nadal.

Nadal mencetak 24 winner, termasuk enam ace, untuk meningkatkan skor 13-4 melawan Fognini dalam catatan pertemuan ATP mereka.

Nadal sedang berusaha menjadi petenis pertama di Open Era yang memenangi dua gelar atau lebih dari empat Grand Slam. Dia selanjutnya akan bertemu unggulan kelima dari Yunani Stefanos Tsitsipas di babak delapan besar.

“Ini akan menjadi tantangan besar dan kemenangan hari ini bagus untuk kepercayaan diri saya. Saya harus siap. Punggung saya bisa bertahan (dari cedera) dan latihan besok akan menjadi persiapan penting,” katanya.

Nadal melaju ke perempat final kejuaraan Grand Slam ke-43 dan tetap berada di jalur untuk meraih gelar kejuaraan utamanya yang ke-21. (red)