Anthony Masih Terlalu Tangguh bagi Heo di Thailand Open 2021

0
36
Anthony Sinisuka Ginting

BANGKOK – Anthony Sinisuka Ginting mempertebal dominasinya menjadi 3-0 dalam pertemuan dengan pebulutangkis Korea Selatan Heo Kwang Hee, setelah menang 21-15, 11-21, 21-16 di babak pertama Thailand Open 2021 yang berlangsung di Impact Arena Bangkok, Selasa (12/1/2021).

Meski sudah tak bermain dalam kompetisi internasional selama sembilan bulan akibat pandemi, namun permainan Anthony yang didominasi serangan dan reli cepat tetap ditampilkan dengan baik.

Di gim pertama, perolehan skor terjadi secara ketat. Anthony, unggulan kelima, baru lepas dari tekanan jelang interval pertama usai.

Meski Heo berusaha mengejar ketertinggalan, namun pebulutangkis asal Cimahi, Jawa Barat itu bisa mempertahankan keunggulannya.

Unggul di gim pertama, Anthony justru mengendur di gim kedua. Heo bahkan mampu memperbesar celah skor dengan Anthony di interval kedua, akibatnya pertandingan terpaksa diteruskan dengan gim ketiga.

Pada gim ketiga, giliran Heo yang tak mampu menjaga konsistensi pertahanan, sehingga bisa ditembus Anthony. Sempat berusaha mengejar, namun Anthony yang sudah mengunci dominasi melalui serangannya tak bisa dihentikan.

Anthony menutup laga perdananya di turnamen kelas Super 1000 ini dengan kemenangan setelah bertarung selama 58 menit.

Selanjutnya di babak kedua tunggal putra, Anthony akan bertemu wakil tuan rumah yang baru pertama kali ia hadapi yaitu Kunlavut Vitidsarn.

Sebelumnya Jonatan Christie menjadi wakil Indonesia pertama di sektor tunggal putra yang lolos ke babak kedua Thailand Open 2021 dengan mengalahkan pebulutangkis Singapura Loh Kean Yew melalui rubber game 13-21, 21-10, 21-16.

Di gim pertama Jonatan belum terlihat serius dan masih kerap tertinggal oleh Loh. Pada interval kedua, Loh yang menyadari Jonatan belum “in” dalam pertandingan memanfaatkan lemahnya pertahanan dan mampu mencuri angka.

Namun, perubahan drastis terjadi di gim kedua, saat Jonatan yang jadi ungggulan keenam di turnamen ini meningkatkan serangan dan mampu membalikkan serangan balik yang dilontarkan Loh.

Dengan cepat Jonatan mampu memupuk poin dan menciptakan perbedaan skor yang terpaut jauh hingga memaksa berlanjut hingga gim penentu.

Memasuki gim ketiga, Loh meningkatkan permainan dan membuat Jonatan kerepotan di awal pertandingan. Aksi saling serang mewarnai interval pertama gim ketiga.

Kendati menerima tekanan lebih berat, namun Jojo yang sudah membukukan dua kemenangan dalam laga terdahulu atas Loh mampu menguasai ritme permainan dan kembali unggul.

Pada interval kedua serangan Loh mengendur dan mengencangkan pertahanan. Meski sempat menyusul Jonatan jelang gim poin, namun Jonatan mampu mengantisipasi dan menutup pertandingan setelah berlangsung selama 65 menit di Impact Arena Bangkok, Thailand. (red)