Kejuaraan Bulutangkis Kesiut Cup I Melepas Matahari 2020 Diikuti 12 Pasang Ganda Putra

0
136
Peserta Kejuaraan Bulutangkis Kesiut Cup I Melepas Matahari 2020

TABANAN, PERSPECTIVESNEWS – “Melepas matahari 2020” menjadi tema event kejuaraan bulutangkis untuk yang pertama kalinya memperebutkan Piala Kesiut.

Kejuaraan ini tersirat awalnya dari beberapa warga Kesiut, Tabanan, yang tergabung dalam sekehe demen (kelompok senang cari keringat) di Banjar Kesiut Kangin, yang melakukan kegiatan olahraga setiap tiga kali seminggu khususnya bulutangkis.

Dengan memanfaatkan gudang yang juga dipakai tempat parkir kendaraan milik warga setempat, terbesit untuk dijadikan lapangan bulutangkis, yang menyesuaikan dengan kondisi lantai gudang tersebut.

Alhasil, panjang dan lebar lantai gudang mendukung untuk ukuran standar lapangan bulutangkis dan dilakukan pengecatan secara gotong royong warga yang hobi bulutangkis.

Dengan meningkatnya minat warga Kesiut memanfaatkan lapangan untuk berolahraga khususnya bulutangkis, muncul ide dari pemilik gudang untuk mengikat dalam kebersamaan di akhir tahun, sekaligus melepas matahari 2020, namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan.

Inisiator Kejuaraan Bulutangkis Melepas Matahari 2020, I Gusti Putu Intaran Hambarsika, Selasa (29/12/2020), menyatakan, kejuaraan di akhir tahun 2020 ini sekaligus menggugah warga Desa Adat Kesiut Arca untuk selalu memanfaatkan waktu seminim mungkin berolahraga, mengingat banyak manfaat yang akan didapat terutama menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani.

“Saya ingin warga Kesiut selalu sehat di tengah kondisi pandemi Covid- 19 yang belum tahu kapan akan berakhir. Dengan berolahraga teratur akan dapat meningkatkan imun tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk Covid 19. Selain itu untuk mempererat silaturahmi di antara warga Kesiut Arca, sehingga terjalin keharmonisan dalam setiap menjalankan aktivitas,” tegasnya.

Kejuaraan Bulutangkis Kesiut Cup I Melepas Matahri 2020 melibatkan warga masyarakat di Desa Kesiut Arca, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan yang gemar bulutangkis. Tercatat 24 pemain siap mengadu kepiawaiannya memukul shuttlecock (bola bulutangkis), yang akan dihelat tanggal 30-31 Desember 2020 di Lapangan Bulutangkis PBSA Kesiut.

Pasangan setiap pemain diatur oleh panitia kejuaraan, terbuka dengan nomor sesuai dengan nomor pendaftaran. Dalam pengundian untuk mendapatkan pasangan, panitia melakukan seeded, terhadap peserta yang dinilai memiliki skill atau kemampuan dari segi teknik bermain bulutangkis. Dengan demikian tidak ada peserta yang akan berpasangan dengan peserta yang sama sama memiliki skill atau kemampuan tehnik bermain bulutangkis.

Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Bulutangkis Kesiut Cup I Melepas Matahari 2020, I Gusti Putu Sukarya mengatakan, dalam menentukan pasangan untuk pertandingan, pihak panitia terbuka dengan mengundi, sehingga mendapatkan 12 pasang ganda putra.

“Kami berharap pertandingan berlangsung sengit, mengingat panitia menyediakan hadiah berupa piala dan uang pembinaan,” tuturnya.

Sistem pertandingan babak penyisihan dan semifinal menggunakan sistem gugur dan babak final menggunakan sistem setengah kompetisi. (rls)