SMK asal Bali Menangi Kompetisi Video “AXIS Serunya Budayaku”

Para pemenang Kompetisi Video “AXIS Serunya Budayaku”

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS SMK TI Bali Global, Badung, Bali berhasil memenangi kompetisi video “AXIS Serunya Budayaku” dan meraih hadian utama senilai Rp 50 juta.

Mengusung video bertemakan budaya masyarakat Bali yang ramah dan suka tolong-menolong dengan mengambil latar belakang Bali sebagai tujuan wisata dunia, video karya para pelajar Bali tersebut mampu menjadi yang terbaik di antara total 526 karya video dari 250 sekolah yang mengikuti kompetisi ini.

Penyerahan hadiah dilaksanakan pada Sabtu (27/6/2020) di Denpasar, yang dihadiri Manajemen XL Axiata dan pPerwakilan dari sekolah dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan.

Group Head XL Axiata Region East, Bambang Parikesit mengatakan, pihaknya sangat senang melihat besarnya antusiasme peserta dalam kompetisi ini. Hampir semuanya kreatif dan menunjukkan betapa mereka mampu memanfaatkan sarana teknologi digital membuat konten-konten positif.

“Hal ini pula yang menjadi tujuan kami melalui AXIS menyelenggarakan program kompetisi ini untuk memberikan kesempatan kepada mereka mengasah potensi bakat dan kreativitas guna mengangkat budaya dan kearifan lokal tempat mereka berada sebagai aset wisata,” ucapnya.

Mulai diselenggarakan sejak September-November 2019 lalu, terpilih empat karya video terbaik sebagai juara utama dan 20 karya video favorit. Selain SMK TI Bali Global, tiga sekolah yang juga terpilih sebagai juara utama adalah SMK Negeri 1 Klaten, dengan karya berjudul Respatining Klaten (https://www.youtube.com/watch?v=65z-jHpG6iI), SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi, Jawa Barat, berjudul Pencak Silat dan Seni Musik Sunda (https://www.youtube.com/watch?v=CMqE32WicV4), SMK Negeri 1 Sungailiat, Bangka Belitung, berjudul Warisan – Tari Sambut (https://www.youtube.com/watch?v=t8lmhqnMYI4). Sementara itu, karya pelajar SMK TI Bali Global berjudul Budaya Tolong Menolong yang bisa disaksikan di https://www.youtube.com/watch?v=t8lmhqnMYI4.

Hadiah utama sebesar Rp 50 juta seharusnya berupa pentas seni di 4 sekolah pemenang, tetapi karena adanya pandemi Covid-19 ini maka diberikan dalam bentuk beasiswa/fasilitas sekolah sesuai permintaan pihak sekolah. 

Khusus SMK Muhammadiyah 1 Sukabumi Propinsi Jawa Barat sudah diberikan dalam bentuk pentas seni pada bulan Februari 2020 kemarin.  Selain hadiah Utama, XL Axiata juga memberikan uang pembinaan senilai Rp 5 juta dan kamera vlog kepada peserta yang terpilih ke dalam 20 video favorit.

Bambang Parikesit menambahkan, Jaringan 4G XL Axiata kini telah hadir dan melayani pelanggan di lebih dari 449 kota/kabupaten yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, sekitar 200 kota dan kabupaten di antaranya telah terfiberisasi. 

Bambang optimis dengan brand AXIS dapat memenuhi kebutuhan internet cepat dari kalangan anak-anak muda terutama di area Jawa Timur, Bali, NTB, NTT dan Sulawesi. 

“Kami berencana mengadakan kembali kompetisi-kompetisi seperti ini di masa mendatang agar lebih mendekatkan brand AXIS dalam menunjang kreativitas siswa siswi melestarikan dan mempromosikan budaya daerahnya dengan kreatifitas dan cara yang lebih seru,” pungkasnya. (ari)