Sat Pol PP dan Disperindag Bali Pantau Pasar Galiran Klungkung Terkait Penempatan Pos Terpadu Pencegahan Covid-19

Kasat Pol PP Dewa Nyoman Rai Darmadi saat memantau Pasar Galiran Klungkung.

Klungkung, PERSPECTIVESNEWS Sat Pol PP dan Disperindag Provinsi Bali memantau Pasar Galiran dan pasar umum Klungkung terkait penempatan pos terpadu pencegahan Covid-19. Satpol PP dipimpin Kasat Pol PP  Dewa Nyoman Rai Darmadi ke lokasi pasar, Jumat (26/6/2020).

Selain melakukan persiapan pos terpadu, tim juga memastikan pelaksanan protokol kesehatan di pasar yang beroperasi dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore ini. 

Seperti diketahui, Pasar Galiran di Kabupaten Klungkung telah menjadi salah satu klaster baru penyebaran Covid-19 dengan adanya beberapa pedagang di pasar yang terindikasi positif Covid-19. Berbagai langkah telah dilakukan pemerintah, salah satunya melakukan penutupan operasional pasar untuk sementara selama tiga hari dari tanggal 22-24 Juni 2020. Hal ini dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran yang lebih luas dari virus Corona dan melakukan sterilisasi pasar. 

Mulai Kamis (25/6/2020), Pasar Galiran Klungkung dibuka kembali. Upaya memutus penyebaran Covid-19 di lingkungan pasar terus dilakukan. Disamping penerapan kewajiban pedagang untuk menunjukkan hasil rapid test non reaktif, baik pedagang maupun pembeli yang datang ke pasar harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan yang ada. Untuk itu diperlukan pengawasan serta edukasi yang dilakukan ke tengah-tengah masyarakat secara ketat, konsisten serta bersinergi dengan semua stake holder terkait sehingga penyebaran virus Corona di pasar tradisional khususnya pasar Galiran dapat ditekan. 

Untuk itu perlu dipersiapkan posko terpadu yang nantinya akan melibatkan stake holder terkait baik itu Sat Pol PP, BPBD, Disdagprin Provinsi dan Kabupaten Klungkung serta unsur kepolisian, TNI , para pecalang serta relawan untuk bersinergi bekerja bersama sama dalam melakukan pengawasan serta edukasi terhadap para pedagang dan pembeli di pasar dalam upaya memutus rantai Covid-19. 

“Posko terpadu ini memiliki peran tidak hanya mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan para pengunjung pasar, tim yang tergabung dalam posko terpadu ini juga akan bertugas mengedukasi masyarakat terkait upaya-upaya pencegahan penyebaran virus corona,” jelas Dewa Darmadi. 

Nantinya tim dalam posko terpadu akan melakukan pengecekan penggunaan masker, memastikan adanya tempat cuci tangan termasuk di dalamnya ketersediaan air dan sabun serta mengingatkan masyarakat untuk selalu mencuci tangan, menjaga jarak ketika berinteraksi serta melakukan pengecekan suhu tubuh.

Tidak hanya itu, secara berkala juga akan dilakukan pengumuman melalui pengeras suara untuk mengingatkan masyarakat akan protokol kesehatan. Dengan hadirnya posko terpadu dan Satgas yang terdiri dari semua stake holder terkait tersebut diharapkan baik pedagang maupun pembeli akan tertib dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan yang ada sehingga rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan pasar dapat diputus. 

Dalam kesempatan tersebut, Kasat Pol PP Provinsi Bali juga menyerahkan bantuan berupa masker, hand sanitizer, cairan disinfektan, vitamin bagi para petugas pasar. Bantuan diterima langsung oleh Kadis Koperasi UKM dan perdagangan  Kabupaten Klungkung Wayan Ardiasa. Selain itu pula  diserahkan bantuan masker dari Disperindag Provinsi Bali.    (zil)