Olahraga Petanque Siapkan Protokol Kesehatan untuk Kejuaraan

Nyoman Yamadhiputra

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Petanque Indonesia (Pengprov FOPI) Bali berupaya menyiapkan protokol kesehatan untuk menggelar kejuaraan bagi para atletnya di tengah pandemi Covid-19. Seluruh protokol kesehatan untuk gelaran kejuaraan petanque kini sedang digodok, tinggal kategori yang dipertandingkan belum bisa diputuskan lebih dulu.

“Maksudnya untuk kategori di kejuaraan yang kami persiapkan nantinya apakah nomor single atau nomor lainnya, semua itu bakal kami kaji dengan matang dan pastinya mengunakan protokol kesehatan,” tutur Ketua Umum FOPI Bali Nyoman Yamadhiputra, Senin (22/6/2020).

Kejuaraan itu dipersiapkannya lantaran untuk menghilangkan rasa jenuh para atlet petanque yang selama ini hanya berlatih di rumah masing-masing saja, sekaligus untuk melihat perkembangan terutama kualitas tekniknya apakah masih tetap terjaga atau mengalami penurunan.

“Ya, memang untuk melihat kualitas teknik maupun fisik atlet hanya bisa di kejuaraan dan bukan di saat latihan. Setelah lama libur akibat virus corona dan juga tidak adanya event secara otomatis selama ini kami pastinya ingin melihat perkembangan kualitas atlet kami,” terang Yamadhiputra.

Pria yang juga Binpres KONI Bali itu memaparkan juga jika hal itu menjadi penting sebagai persiapan menghadapi event-event mendatang lebih awal. Dengan demikian maka kekurangan dan kelebihan atlet masih bisa dipantau.

Kejuaraan itu sendiri diakuinya merupakan dasar melanjutkan dari pembahasan seminar secara virtual yang dilakukan PB FOPI Bali yang telah digelar sebelumnya selama sehari saja. Seminar tersebut diikuti 605 peserta.

“Seminar itu terkait dengan sosialisasi aturan-aturan olahraga petanque. Pasalnya, jangankan masyarakat umum namun masih ada atlet yang belum mengerti aturan tersebut karena petanque merupakan olahraga baru,” pungkasnya. (yus)