Perkemi Bali Siapkan Kenshi untuk Kejurnas Virtual

Fredrik Billy (FOTO: PERSPECTIVESNEWS/Sigit)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWSPengprov Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Bali akan menyiapkan dua sampai tiga kenshinya untuk berlaga di ajang kejuaraan nasional yang diadakan PB Perkemi. Kejurnas secara virtual itu akan digelar pada 27 dan 28 Juni 2020 mendatang.

“Pada situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini kempo harus tetap berkegiatan, salah satunya adalah kejurnas yang digelar secara virtual pada tanggal 27 dan 28 Juni mendatang. Pada kejurnas itu kami menyiapkan kenshi antara dua atau tiga yang bakal ditentukan melalui pembahasan pengurus Perkemi Bali,” ucap Wakil Ketua Umum Perkemi Bali Fredrik Billy, Rabu (17/6/2020).

Ia mengatakan, kejuaraan nasional nanti bertajuk Shorinji Kempo Tandoku Online (Spesial Pandemi Covid-19). Dengan demikian maka nantinya akan dilakukan di masing-masing provinsi.

Billy mengatakan, kejurnas ini merupakan pertama kalinya menggunakan virtual dan Bali dan kemungkinan Bali mengutus kenshi yang dipersiapkan berlaga di PON XX/2021 Papua.

Diakuinya, untuk wakil Bali nantinya bakal disebutkannya karena masih ada waktu sampai menjelang Technical Meeting (TM) yang bakal dilakukan pada 24 Juni nanti. kejuaraan seperti itu bagus karena bisa diajdikan ajang pemanasan untuk kenshi nomor embu perorangan.

“Soal penilaian pastinya akan dilakukan oleh para wasit dari Jakarta yang turut melihat dan menilai melalui virtual. Aturannya sudah pasti dilakukan sesuai dengan peraturan pertadingan yang ditetapkan PB Perkemi dan WSKO. Dan para peserta harus mematuhi esensi Shorinji Kempo dan mengetahui tujuannya tampil dalam pertandingan Ken Tandoku secara online itu,” tambah pria yang juga Bidang Etika dan Hukum KONI Bali tersebut.

Menyoal kategori yang dipertandingkan secara detil diutarakan Fredrik Billy yakni embu perorangan kelompok Yudansha Putra DAN I – DAN III dengan usia keshi yakni sama atau lebih dari 17 tahun. Sementara kategori lainnya tak lain embu perorangan kelompok Yudansha Putri Dewasa DAN I – DAN III dengan aturan usia sama atau lebih dari 17 tahun.

“Kalau sistim pertandingan Ken Tandoku Online ini memakai system double knockdown atau peserta yang sudah kalah sebanyak dua kali tidak dapat melanjutkan ke pertandingan berikutnya. Ya kami sendiri mengirimkan kenshi tujuannya juga untuk memberikan motivasi kepada kenshi setelah selama ini melakukan latihan mandiri saja di rumah masing-masing,” pungkas Fredrik Billy. (git)