KONI Bali Cairkan Dana Tali Kasih kepada 251 Atlet dan 66 Pelatih Pelatda Bali

Penyerahan dana tali kasih kepada atlet dan pelatih Pelatda Bali secara simbolis. (FOTO: yus)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali mencairkan dana tali kasih kepada 251 orang atlet dan 66 pelatih yang tergabung dalam Pelatda Bali, di Aula Rapat KONI Bali, Jumat (12/6/2020).

Besaran dana tali kasih itu masing-masing atlet senilai Rp 3,6 juta sejak mereka bergabung dalam Pelatda Bali 3 bulan lalu, sehingga total dana yang digelontorkan KONI Bali kepada mereka senilai Rp 1,1 miliar lebih, yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing.

Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi pada kesempatan itu mengatakan bahwa dana tali kasih ini hanya mampu dibayarkan KONI Bali selama tiga bulan sejak dibentuknya Pelatda Bali Maret 2020. Hal ini karena dana hibah dari Pemprov Bali ke KONI Bali mengalami rasionalisasi. Sehingga dana Pelatda juga berkurang dari sebelumnya dirancang Rp 2,7 juta per atlet, menjadi Rp 1,2 juta per atlet.

“Pandemi Covid-19 menyebabkan Pemprov Bali fokus kepada mengatasi pandemi tersebut sehingga dana untuk atlet ikut terpangkas,” ucap Suwandi sembari mengaku salut hasil bincang dengan pengprov cabor sebagian besar menghendaki pelatda tetap berlanjut.

Kendati pelatda berlanjut tanpa dana, Suwandi berharap semua atlet yang dipersiapkan berlaga di PON XX/2021 Papua itu tetap semangat berlatih demi prestasi di ajang tersebut.

Sementara Sekum KONI Bali, IGN Oka Darmawan menegaskan, semua ini memang dalam kondisi tidak normal. Tapi KONI Bali sudah tetap berusaha memfasilitasi dengan harapan atlet tetap disiplin. “Kami pertegas, KONI Bali tetap membina untuk atlet berprestasi. Dan, untuk program saya minta disesuaikan agar tetap terbaik di PON 2021 pada Oktober tahun depan,” harap Oka Darmawan. (git)