Beberapa Kejuaraan Petanque Kemungkinan Dihelat Tahun Depan

Nyoman Yamadhiputra

Denpasar, PERSPECTIVESNEWSPengurus Provinsi Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Bali mengakui banyak kejuaraan baik level daerah maupun nasional tidak bisa digelar pada tahun ini lantaran pandemi Covid -19. Event-event yang tidak bisa digelar tahun ini, bisa saja dilaksanakan pada tahun depan saat pandemi mereda.

Ketua Umum Pengprov FOPI Bali, Nyoman Yamadhiputra mengakui ada puluhan event yang digabung lokal maupun nasional yang akhirnya hangus tak bisa dilaksanakan pada tahun ini.

Nyoman Yamadhiputra mencontohkan, seperti di event nasional ada kejuaraan dalam rangka HUT FOPI pada April lalu, serta Kejurnas petanque atau event internasional lainnya.

“Sedangkan untuk lokal Bali ada event internasional yang rencananya digelar pada bulan Juli mendatang bertajuk Petanque Sport Badung, Kejurprov Advaita Sport Cup sampai kejuaraan Open di Bali. Semuanya hangus tahun ini,” ujar Nyoman Yamadhiputra, Kamis (11/6/2020).

Meski demikian FOPI Bali diakuinya telah memberikan pengertian kepada seluruh atlet Bali untuk memaklumi karena kondisinya di luar kemampuan dan merupakan musibah yang dirasakan semua pihak.

“Kami sudah menyampaikan semua itu kepada para atlet petanque Bali untuk bersabar kalau tahun ini belum ada event yang bisa diikuti. Pengertian menjadi modal mental awal semuanya termasuk bersabar,” cetus Yamadhiputra.

Pria yang juga Binpres KONI Bali tersebut juga memaparkan meski tidak ada event tahun ini namun dirinya juga tetap berpsan kepada para atletnya untuk tetap menjaga kondisi fisik dan kualitasnya dengan berlatih sendiri.

“Saya yakin jika mereka berlatih sendiri karena memang mereka menyadari akan tanggung jawabnya sendiri. Belum lagi semua itu kan juga sebagai persiapan menghadapi event tahun depan maupun Porprov Bali tahun 2022 nantinya,” demikian Yamadhiputra. (yus)