Pengkab PBVSI Badung Menunda Kejuaraan Voli Gala Desa karena Covid-19

AA Bagus Kusimantara (FOTO: dok)

Mangupura, PERSPECTIVESNEWS Pengurus Kabupaten Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (Pengkab PBVSI) Badung menunda kejuaraan voli lokal Badung bertajuk Gala Desa akibat pandemi Covid-19 masih belum ada tanda-tanda bakal mereda. Bahkan, sejak rekomendasi dikeluarkan pada Desember 2019 lalu, dimana ada 15 event yang harusnya digelar, terpaksa ditunda pihak PBVSI Badung.

“Gala Desa itu bisa digelar kan melalui rekomendasi PBVSI Badung. Nah, sejak dikeluarkan akhir tahun lalu itu, ada 15 agenda dari desa-desa di beberapa kecamatan yang mendaftar, otomatis kami keluarkan rekomendasinya. Tapi nyatanya sekarang situasi seperti ini, makanya kami batalkan,” ujar Ketua Pengkab PBVSI Badung, AA Bagus Kusimantara saat dikontak Rabu (27/5/2020).

Jumlah 15 event gala desa itu diakui pihaknya memang lumayan banyak. Mengingat gala desa merupakan event bergengsi yang ditunggu-tunggu oleh pemain voli se-antero Badung, khususnya pemain muda untuk menunjukkan kualitasnya. Pasalnya, jenjang karir pemain voli Badung itu memang dimulai dari event gala desa tersebut.

“Rencananya itu sudah digulirkan sejak awal Januari kemarin. Prosesnya juga lumayan lama karena satu gala desa saja bisa berlangsung sampai 1 bulan lebih. Dan setiap gala desa, tidak boleh berbarengan dengan gala desa di kecamatan lainnya. Supaya tidak berbenturan,” bebernya.

Meski ditunda, namun rekomendasi yang sudah dikeluarkan untuk 15 pertandingan itu tetap akan dijalankan, namun dengan catatan jika situasi sudah mulai normal kembali dan kegiatan olahraga sudah boleh dijalankan.

“Desa mana yang paling pertama mengajukan, itu yang boleh menggelar lebih dulu, kemudian dilanjutkan ke pendaftar berikutnya. Kami prediksi, setelah situasi normal, jumlah itu akan bertambah lebih banyak. Mengingat gala desa bisa dibilang recovery olahraga setelah lama beristirahat,” imbuh Kusimantara.

Namun, ketika nanti memasuki bulan Oktober atau November mendatang, gala desa itu akan diistirahatkan sementara, karena PBVSI Badung memiliki agenda utama yakni invitasi bola voli antar desa se-Badung. Setelah itu, gala desa bisa dilanjutkan kembali.

“Gala desa itu memiliki animo yang luar biasa dari tahun ke tahun. Hanya saja, sekarang ini dihadapkan dengan situasi pandemi. Kita juga harus bisa memaklumi dan mengindahkan anjuran pemerintah, supaya penyebaran virus Korona ini tidak bertambah,” tandasnya. (yus)