Denpasar kembali Salurkan Bantuan Sembako kepada Pelaku Pariwisata yang Di-PHK

Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara menyerahkan bantuan paket sembako kepada naker sektor pariwisata yang dirumahkan atau di -PHK sebagai dampak Covid-19. (FOTO: ist)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Pemerintah Kota Denpasar kembali menyalurkan sembako kepada warga terdampak Covid-19, yang diserahkan Wakil Walikota IGN Jaya Negara secara simbolis kepada pekerja sektor pariwisata yang dirumahkan atau di-PHK, Rabu (20/5/2020) di Dharma Negara Alaya Denpasar.

Sebanyak kurang lebih 243 orang pelaku pariwisata di Kota Denpasar mendapatkan bantuan sembako dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang difasilitasi Pemerintah Kota Denpasar.

Penyerahan bantuan ini tetap mengutamakan protokol kesehatan di antaranya menjaga jarak fisik, penggunaan masker serta menggunakan system drive true. Jaya Negara memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang turut serta dalam membantu masyarakat terdampak ekonomi akibat Covid-19.

Saat ini bantuan paket sembako kepada pekerja Parekraf (pariwisata dan ekonomi kreatif) dengan harapan mampu membantu kebutuhan dasar bagi masyarakat yang terdampak virus corona.

Wakil Walikota Jaya Negara menjelaskan,  pemberian sembako ini juga secara berkelanjutan diserahkan dan diutamakan bagi keluarga yang kurang mampu, kaum disabilitas, para lansia dan penyandang masalah kesejahteraan sosial lainnya, termasuk juga orang yang berstatus ODP, PDP dan keluarga yang positif Covid 19, serta karyawan yang mengalami PHK dan yang dirumahkan, serta dari pekerja sektor informal lainnya. Selain sembako Pemerintah Kota Denpasar juga memberikan BLT bersumber APBD.

Dalam kesempatan tersebut Jaya Negara mengajak masyarakat untuk terus waspada dan selalu menjaga diri agar penyebaran virus dapat dihentikan. “Mari tingkatkan kewaspadaan, mengikuti anjuran pemerintah, jika tidak mendesak lebih baik di rumah saja, biasakan diri dengan PHBS, cuci tangan pakai sabun pada air mengalir,” ujar Jaya Negara.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani  mengatakan latar belakang program ini adalah lumpuhnya sektor pariwisata akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pariwisata menyalurkan bantuan yang diberikan Kementerian Parekraf yang selanjutnya diserahkan kepada masyarakat terdampak. Adapun paket bantuan yang diberikan berupa beras 5kg, minyak goreng, kecap manis, gula, sarden serta mie instan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen yang telah memberikan bantuan. Mudah-mudahan masyarakat yang terdampak paling utama karena masalah Covid-19 ini bisa dikurangi bebannya,” tutupnya. (yus)