KONI Seluruh Bali Usulkan Porprov Diundur Tahun 2022

Ketua KONI Bali Ketut Suwandi (tengah) saat memimpin rapat koordinasi KONI Seluruh Bali. (FOTO: perspectives/zil)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Rapat koordinasi yang diadakan KONI Bali dengan mengundang seluruh petinggi KONI Kabupaten dan Kota di Bali, sempat berlangsung alot terkait gelaran Porprov Bali di Badung tahun 2021 mendatang. Toh begitu, akhirnya KONI seluruh Bali sepakat menunda hajatan olahraga dua tahunan skala Bali itu menjadi tahun 2022.

Sebelumnya sempat mencuat adanya keinginan Porprov Bali tersebut ditunda saja karena Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang semula dijadwalkan berlangsung tahun 2020, oleh Presiden Joko Widodo diputuskan ditunda menjadi tahun 2021.

Adanya penundaan PON akibat Indonesia dilanda pandemi Covid-19 tersebut menjadi alasan beberapa pihak menghendaki Porprov Bali juga diundur. KONI Bali pun merespon dengan mengajak jajaran KONI seluruh Bali berdialog pada Kamis 14 Mei 2020.

Rapat yang berakhir sekitar pukul 14.00 Wita itu akhirnya mengambil kesimpulan bahwa seluruh KONI mengusulkan agar Porprov Bali 2021 diundur ke tahun 2022.

“Jadi, rekan-rekan KONI di kabupaten maupun kota sepakat supaya Porprov Bali tahun depan digeser pelaksanaannya ke tahun 2022. Ya kita juga memaklumi bagaimana kondisi saat ini di daerah masing-masing yang sedang mengalami krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19,” ujar Ketua Umum KONI Bali, I Ketut Suwandi.

Yang ditekankan Ketut Suwandi adalah, meskipun rapat ini menghasilkan keputusan diundur ke tahun 2022, tidak serta merta merupakan keputusan akhir. Nantinya, usulan dari KONI-KONI tersebut akan diinformasikan kepada Gubernur Bali, Wayan Koster sebagai pengambil keputusan tertinggi soal Porprov Bali ini.

Menurut mantan Ketua KONI Badung ini, langkah tersebut merupakan inisiatif dari KONI Bali bersama KONI di daerah. Dan tidak harus menunggu lagi perintah langsung dari gubernur terkait kepastian Porprov Bali 2021 ini. “Apapun nanti keputusan gubernur, mau tetap dijalankan atau memang ditunda, pasti akan kami hormati,” tegasnya.

Dalam rapat koordinasi kemarin, pihak KONI Badung yang notabene selaku tuan rumah Porprov Bali 2021 sebenarnya siap-siap saja Porprov tersebut dijalankan sesuai jadwal. Akan tetapi, pihaknya juga mengikuti keputusan jika nantinya benar ditunda, hal itu mengacu dari kondisi KONI-KONI kabupaten di daerah masing-masing, terutama soal anggaran.(zil)