Disambut Positif, Tidak Berubahnya Batasan Umur di Bulutangkis PON XX

Wayan Winurjaya (FOTO: dok)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWSCabang olahraga (cabor) bulutangkis akhirnya bisa bernafas lega setelah regulasi batas usia atlet PON tidak berubah dan telah disepakati seluruh KONI provinsi di Indonesia dan KONI pusat melalui rapat virtual Selasa 12 Mei 2020 lalu. Bulutangkis lega karena memang tim bulutangkis PON Bali yang terbaik sepanjang masa yakni tim bulutangkis PON sekarang ini.

Sebelumnya Pengprov PBSI Bali memang sempat was-was jika pengunduran gelaran PON XX di Papua dari tahun 2020 menjadi tahun 2021 bakal berdampak dengan regulasi batas usia atlet juga berubah.

“Kami sekarang bisa bernafas lega setelah harap-harap cemas dan was-was terkait regulasi batas usia tersebut. Pasalnya, jika ada perubahan pastinya ada beberapa pebulutangkis putra dan putri PON Bali bakal banyak yang tidak bisa bertanding. Sebab beberapa pebulutangkis PON Bali sekarang ini ada yang membuat PON terakhir di PON XX karena batas usia tersebut,” ungkap Ketua Umum PBSI Bali Wayan Winurjaya, Rabu (13/5/2020).

Beberapa pebulutangkis andalan Bali tidak akan bisa turun dan otomatis tercoret jika ada perubahan regulasi tersebut mengikuti setahun pengunduran gelaran PON XX yakni di putri Made Deya Surya Saraswati dan Made Pranita Sulistya Devi atau Ade sedangkan di putra diantaranya Agus Aldi dan Aditya.

“Makanya ketika regulasi tidak dirubah kami bisa bernafas lega karena tim bulutangkis PON terbaik sepanjang masa ya tim bulutangkis PON Bali

sekarang ini. Dasar dan pertimbangannya sangat kuat apa yang menjadi dasar kami menilai tim ini terbaik sepanjang masa PON,” tambah Winurjaya.

Dasar pertimbangan di masa puncak usia emas bagi pebulutangkis PON Bali itu lanjutnya, karena mereka sudah menuju akhir usia yang ditetapkan di PON nanti dan sudah padat dari sisi jam terbang berlaga di even nasional maupun internasional dan sudah melakukan latiha cukup panjang.

“Bayangkan mereka semua rata-rata melakukan latihan mulai usia 6 tahun sampai sekarang ini menjadi sekitar 12 tahun. Jadi sudah padat pengalaman di event maupun latihan. Apalagi mereka ditempa di klub klub bulutangkis bernama besar di Indonesia,” pungkas Winurjaya. (yus)