Putuskan Gelaran Porprov, KONI Bali Segera Rapat dengan KONI Seluruh Bali

Ketut Suwandi

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS  – Ditunda atau tidaknya Porprov Bali XV/2021 Badung akan diputuskan melalui rapat KONI Bali dengan KONI Kabupaten/Kota se-Bali, Kamis 14 Mei 2020 mendatang. Demikian disampaikan Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi, kepada awak media, Senin (11/5/2020) di ruang kerjanya.

“Soal porprov ditunda atau tidak, nanti kami bahas dengan KONI Kabupaten dan Kota seluruh Bali pada Kamis (14/5/2020) di KONI Bali. Rapat tersebut rencananya dihadiri sekitar 15 orang namun tetap dengan protokol kesehatan atau klinis,” ucap Ketut Suwandi seusai menerima silaturahmi pengurus KONI Badung.

Seperti diketahui, jajaran KONI Badung kemarin melakukan silaturahmi ke KONI Bali terkait dengan Porprov Bali XV/2021 apakah bakal ditunda atau tidak ke tahun 2022. Silaturahmi KONI Badung yang langsung dilakukan Ketua Made Nariana didampingi Sekretaris Made Sutama bersama beberapa pengurus KONI Badung lainnya itu, tidak menghasilkan keputusan apa-apa.

Suwandi mengatakan, wacana menunda Porprov Bali XV/2021 Badung tidak lepas dari situasi pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia. Akibat pandemi Covid-19, di tingkat nasional Presiden telah menunda gelaran PON XX/2020 Papua menjadi tahun 2021. Pergeseran ini, lanjut dia, tentu berimbas pada event olahraga di daerah termasuk Porprov Bali.

“Karena itu kami perlu memutuskan hajatan Porprov Bali 2021 apakah ditunda atau tidak melalui rapat dengan KONI Kabupaten dan Kota, hasilnya nanti bakal dilaporkan ke Pak Gubernur Wayan Koster selalu pemegang kebijakan. Sementara KONI hanya sifatnya memberikan masukan selaku pembantu pemerintah di bidang olahraga,” ucap mantan Ketua KONI Badung itu.

Meski KONI Badung pada Porprov Bali nanti bertindak sebagai tuan rumah, kata Suwandi, untuk menunda hajatan porprov tidak bisa disampaikan melalui ajang silaturahmi saja, karena semua itu ada mekanismenya. Karenanya silaturahmi kemarin tidak menghasilkan keputusan apa-apa terkait porprov.

Suwandi mengatakan, gelaran Porprov Bali XV/2021 Badung merupakan hajatan Pemerintah dalam hal ini Pemprov Bali melalui KONI Bali. Sehingga dalam kondisi seperti sekarang ini, lanjut Suwandi, KONI Bali sifatnya mengkaji dan sebatas hanya memberikan masukan kepada pemerintah terhadap hasil kajiannya itu.

“Artinya apakah Porprov Bali nantinya ditunda atau tidak itu keputusan pemerintah dalam hal ini Pemprov Bali, karena pastinya juga akan melihat recovery ekonomi usai Covid-19 apakah berjalan normal atau tidak,” demikian Suwandi. (yus)