Untuk Kemanusiaan, Keluarga Olahraga Tarung Derajat Bali Lakukan Donor Darah

Donor darah yang dilakukan Pengprov Kodrat Bali, Denpasar, Badung dan Pengkab Kodrat Gianyar. (FOTO: yus)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Bali melakukan donor darah di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Bali, Jumat (8/5/2020). Donor darah diikuti 91 atlet dan pengurus dari Kodrat Bali, Denpasar, Badung, dan Kodrat Gianyar.

Bagian Medis Pengprov Kodrat Bali, dokter Sudartana menjelaskan dilakukannya donor darah karena di PMI maupun di RSUP Sanglah keberadaan darah berbagai golongan sangat terbatas bahkan defisit, sementara banyak pasien yang membutuhkan darah.

Akibatnya, lanjut Sudartana yang juga Wakil Direktur RSUP Sanglah ini, banyak pasien di rumah sakit yang mengalami penundaan dalam pemberian darah, padahal pasien tersebut rutin mesti mendapatkan transfusi darah.

“Itulah keluhan-keluhan masyarakat ke pihak rumah sakit yang kami serap, sehingga atas dasar itulah saya sampaikan kepada Ketua Umum Kodrat Bali Turah Joko (I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya,red) dan terjadilah aksi sosial berupa donor darah ini,”  ucap Sudartana.

Sementara Ketua Umum Pengprov Kodrat Bali, I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya mengatakan dalam situasi seperti sekarang ini kita harus berbuat sekecil apapun untuk membantu sesama manusia. Donor darah yang dilakukan Kodrat Bali ini, kata pria yang akrab disapa Turah Joko ini, bukanIah yang pertama dan bukan pula yang terakhir.

Kadek Suwena

“Kami sudah sering kali melakukan donor darah, dan akan terus melakukan aksi ini melalui Pengkab dan Pengkot Kodrat seluruh Bali semoga pada aksi donor darah yang akan datang lebih banyak lagi anggota kami yang mendonorkan darahnya sehingga PMI tidak kekurangan stok,” ucap Turah Joko.

Terkait peserta yang ikut donor darah sejumlah 91 orang, Penglingsir Puri Jero Kuta ini mengatakan karena kegiatan ini digagas dalam waktu singkat sehingga tidak banyak melakukan koordinasi dengan cabang-cabang.

“Ke depan kita akan terus melakukan komunikasi dengan cabang-cabang sehingga lebih banyak lagi atlet maupun pengurus cabang yang terlibat dalam aksi donor darah ini, tapi apapun itu, patut saya apresiasi karena prinsip kami sekecil apapun harus kita perbuat untuk menolong sesama,” pungkas Turah Joko.

Sementara Bagian Donor PMI Bali Kadek Suwena berterima kasih kepada Kodrat Bali yang telah mendonorkan darah melalui atlet dan pengurusnya. Sebab, lanjut dia, dalam situasi pandemi Covid-19 stok darah di PMI Bali sangat minim.

Saat ini stok darah yang ada di PMI Bali untuk darah golongan B hanya 10 plastik ukuran 250 ml, golongan O 21 plastik, golongan AB hanya 6 plastik. Padahal, kata Suwena, idealnya golongan A sebanyak 126 plastik, golongan B 224 plastik, golongan O sebanyak 315, dan golongan AB sebanyak 42 plastik ukuran 250 ml. (zil)