Pramuka Jembrana Bantu Sembako Warga Terdampak Covid-19

Tim Kwarcab Pramuka Kabupaten Jembrana menyerahkan sembako serta lainnya kepada warga yang terdampak Covid-19.Bantuan diserahkan langsung Ketua Kwartir Cabang Jembrana Made Kembang Hartawan.

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS Tim Pramuka Peduli Kwarcab Jembrana semakin menggencarkan aksinya dalam melakukan pembagian paket sembako serta Disinfektan dan masker kepada warga terdampak Covid-19. Penyaluran sembako berlangsung di Sekretariat Kwarcab Pramuka Jembrana dan langsung diserahkan Wabup Jembrana Made Kembang Hartawan selaku Ketua Kwarcab Jembrana kepada warga di dua keluharan yang wilayahnya terdampak langsung virus corona.

Aksi Pramuka Peduli dalam melawan Covid-19 menunjukkan jajaran Gerakan Pramuka di Jembrana sudah bergerak mulai dari gugus depan dan bekerja sama saling membantu dalam  berbagai aksi pencegahan. Penyerahan bantuan dipusatkan di halaman Sekretariat Bersama yang juga Kantor Kwarcab Jembrana. Kendati diserahkan kepada penerima secara langsung, namun tetap mengedepankan protap pencegahan penyebaran Covid-19 seperti menjaga jarak, wajib masker serta cuci tangan sebelum masuk lokasi acara.

Dua kelurahan yang warganya terdampak Covid-19, yaitu Kelurahan Lelateng dan Kelurahan Banjar Tengah. Paket sembako yang dibagikan berisi beras, telur, minyak dan gula serta pembagian disinfektan dan masker secara gratis.

Ketua Kwartir Cabang Jembrana, I Made Kembang Hartawan mengungkapkan, kegiatan ini adalah sebagai wujud kepedulian Pramuka Jembrana melalui Tim Pramuka Peduli. Harapnnya, melalui aksi dan edukasi ke masyarakat ini dapat memotivasi seluruh komponen masyarakat untuk saling mencegah penyebaran Covid-19.

“Hari ini adalah upaya dari pada kakak-kakak Pramuka yang ada di Kabupaten Jembrana dan di dukung juga oleh kakak-kakak yang ada di Provinsi Bali untuk melakukan upaya memberikan sumbangan kepada warga yang terdampak langsung terhadap Covid-19 ini, jadi ini adalah upaya murni swadaya urunan dari teman-teman Pramuka dan tidak ada dana dari orang lain untuk peduli terhadap sesama di saat krisis seperti ini. Jadi kami membagikan 100 paket sembako kepada warga yang terdampak di dua kelurahan dulu, tentu nanti kita akan coba ke kelurahan-kelurahan lainnya dengan menggalang dana yang kita bisa dapatkan,” pungkasnya.

Ni Luh Kaliani salah satu warga dari Kelurahan Lelateng mengatakan sangat berterima kasih atas bantuannya. Kaliani menjadi tulang punggung keluarganya karena suami dan mertuanya yang sakit dan harus membiayai dua anaknya bersekolah dan ingin mendapatkan perhatian dari pemerintah.

“Saya salah satu warga dari Kelurahan Lelateng yang mendapatkan bantuan mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pramuka Jembrana atas bantuan yang sudah saya terima, dan saya juga ingin mendapatkan perhatian dari pemerintah karena saya menjadi tulang punggung di dalam keluarga, karena suami dan mertua saya mengidap penyakit,” ujar Kaliani. (utu)