Keputusan Porprov Bali 2021 Diharapkan Dipercepat

Dewa Ary Wirawan (FOTO: dok)

Tabanan, PERSPECTIVESNEWSKomite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tabanan dan KONI kabupaten/kota lainnya berharap keputusan menunda Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2021 di Kabupaten Badung dipercepat. Pemprov Bali melalui KONI Bali selaku pemilik event, adalah pihak kompeten yang mengumkan ditundanya hajatan olahraga dua tahunan itu.

Belakangan ini santer bertiup suara agar Porprov Bali 2021 di Kabupaten Badung diundur. Ada dua alasan yang membuat banyak kalangan olahraga menilai Porprov tersebut sebaiknya digeser ke tahun 2022. Pertama, karena PON XX diundur ke tahun 2021 yang dikhawatirkan berbenturan dengan Porprov Bali dan yang kedua yaitu kesiapan tuan rumah Badung terkait venue, dimana saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19 yang mempengaruhi sektor ekonomi.

Ketua Umum KONI Tabanan, Dewa Gede Ary Wirawan mengatakan pihaknya berharap semoga kejelasannya bisa diinformasikan sesegera mungkin, karena menyangkut pembahasan anggaran yang dibutuhkan.

“Dalam hal ini, KONI Badung dan pemerintah setempat bisa memutuskan apakah ditunda atau tidak. Kalau misalnya memilih ditunda, nantinya disampaikan ke KONI Bali. Kemudian KONI Bali melaporkan kepada Pemprov Bali, lalu keputusan tersebut bisa disikapi oleh KONI-KONI se-Bali,” beber Dewa Ary Wirawan saat dikontak, Kamis (30/4/2020).

Sambung Dewa Ary, biasanya pembahasan anggaran untuk Porprov Bali itu dilakukan di bulan Juni. Dan sekarang waktunya tinggal sebulan lebih. Jadi, kepastian Porprov Bali 2021 itu sangat ditunggu-tunggu. “Kalau sudah ada kejelasan dari tuan rumah, kan kami tinggal laporkan ke Pemkab Tabanan bahwa Porprov ditunda. Jadi anggarannya bisa disesuaikan nantinya dengan kebutuhan di tahun 2021,” ungkapnya.

Jika dilihat dari kondisi sekarang ini, Dewa Ary menilai memang Porprov Bali 2021 itu sebaiknya diundur ke tahun 2022. Bahkan, beberapa ketua KONI di daerah, selain Tabanan, juga melontarkan pendapat yang sama di grup WhatsApp para ketua KONI se-Bali. “Kami legowo kok kalau Porprov Bali 2021 ditunda. Ini demi kebaikan bersama,” tandasnya. (yus)