Petarung Bali Tetap Berlatih Mandiri meski PON XX/2020 Ditunda

Para petarung putra dan putri Bali sebagian dari mereka lolos PON XX/2020 tetap berlatih mandiri. (FOTO: dok)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWSPara petarung Bali yang dipersiapkan ke ajang PON XX/2020 Papua tetap berlatih secara mandiri walau hajatan PON XX resmi ditunda. Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Bali memandang kebugaran fisik petarung wajib dijaga dengan pola Latihan mandiri. Bahkan Latihan mandiri ini tidak saja bagi petarung PON, petarung non-PON juga wajib berlatih mandiri.

“Konsep itu kami sebut Pribadi Mandiri. Konsep itu ada di tarung derajat dan seluruh anggota harus wajib menerapkannya karena ini sebuah tradisi,” ucap Sekum Pengprov Kodrat Bali, AA Bagus Tri Candra Arka, Sabtu (25/4/2020).

Apalagi dengan kondisi Pandemi Covid-19 ini, anggota tarung derajat di seluruh Bali diharuskan terus menjaga kebugarannya selama masa isolasi mandiri saat ini. “Biasanya petarung latihan di Satlat (satuan latihan) mereka masing-masing. Tentu waktunya tidak cukup untuk latihan secara intens. Maka dari itu, latihan bisa dilanjutkan di rumah masing-masing dan itu wajib dilakukan,” tegasnya.

Disinggung soal PON yang ditunda, pria yang akrab disapa Gung Cok ini tetap mengikuti apa yang menjadi keputusan pemerintah karena itu menyangkut kemanusiaan. Sekedar catatan, 8 petarung PON Bali saat ini menghuni Pelatda Bali.

“Nanti bagaimana kelanjutan Pelatda Bali itu kami serahkan kepada KONI Bali. Apakah dibubarkan atau dilanjutkan. Tapi yang jelas, atlet kami terus imbau untuk latihan, meskipun tidak ada event karena mengusung konsep Pribadi Mandiri itu,” tegas Gung Cok.

Tarung derajat sendiri menjadi salah satu cabang olahraga unggulan KONI Bali dalam setiap hajatan PON. Prestasi terakhir tarung derajat Bali di kancah PON diraih ketika 2016 silam di Jawa Barat. Petarung Bali sukses menyumbang 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Yang unik, emas terakhir yang diraih oleh tarung derajat kala itu membuat target KONI Bali tepat sasaran dengan 20 emas. (yus)