Dewan Kerajinan Nasional Beri Bantuan kepada Perajin dan UMKM di Bali

Ketua Dekranasda Bali Ny Putri Koster saat menyerahkan bantuan dari Dekranas kepada perajin dan UMKM di Bali (FOTO: ist)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWSKetua Umum Dewan Kerajinan Nasional Ny. Wury Ma’ruf Amin memberikan bantuan berupa sembako dan masker kepada 40 perajin dan UMKM di Bali pada Senin (20/4/2020) bertempat di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar.

Pada kesempatan ini Ketua Dekranasda Bali Ny. Putri Koster berkesempatan menyerahkan bantuan tersebut kepada perwakilan UMKM yang ditunjuk. Di mana bantuan dari Dekranas tersebut disalurkan oleh anggota Kemitraan Dekranas Pusat yang juga menjabat sebagai ketua Bhayangkari daerah Bali, Ny. Barbara Golose.

Ketua Dekranasda Bali Ny. Putri Koster mengucapkan terima kasih atas perhatian Ketua Umum Dekranas dan juga gerakan cepat Ketua Harian Dekranas Ny. Tri Tito Karnavian dalam membantu para perajin dan UMKM yang kena imbas pandemi Covid-19.

“Merebaknya penyebaran virus corona telah mempengaruhi para perajin kita, karena produksi sedikit terhambat dan promosi yang terbatas. Selain itu permintaan akan barang-barang kerajinan juga menurun seiring dengan penurunan ekonomi masyarakat,” ucap Ny. Putri Koster.

Untuk itu, istri orang nomor satu di Bali ini sangat mengapresiasi bantuan-bantuan yang digelontorkan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam rangka meringankan masyarakat, terutama masyarakat kecil.

Dia mengajak semua lapisan masyarakat bersama-sama berdoa dan memohon agar bencana pandemi Covid-19 segera berlalu dan masyarakat bisa melaksanakan kegiatan dan menjalankan swadarma seperti sedia kala.

“Penyebaran Covid-19 di Bali tidak begitu tinggi, kurvanya masih landai-landai saja. Ini berkat kerja keras Pemprov Bali yang bekerja sama dengan masyarakat. Kita berharap kurva ini tidak naik lagi, dan badai ini segera berlalu,” tandasnya.

Sedangkan Ny. Barbara Golose yang turut hadir dalam acara penyerahan bantuan tersebut mengapresiasi langkah Pemerintah Pusat serta koordinasi yang baik antara Dekranasda Bali dan Dekranas Pusat dalam mendata serta menyalurkan bantuan agar tepat sasaran.

Menurutnya, semua orang dari berbagai kalangan saat ini sedang dalam kondisi yang sama-sama memprihatinkan, sehingga kita semua perlu bahu-membahu menghadapi bencana ini.

Sebagai pengurus Dekranas Bidang Kemitraan, ia mengaku siap menyalurkan bantuan-bantuan yang diterima, baik  dari Dekranas Pusat dan Dekranasda Bali. “Mungkin bantuan ini tidak banyak, namun dengan ketulusan dan kerendahan hati, kami berharap melalui bantuan ini bisa sedikit meringankan beban para perajin dan UMKM kita,” jelasnya.

Perwakilan perajin dan UMKM yang hadir menerima bantuan adalah Pande Made Sunarta, perajin pandai besi dari Denpasar serta Ketut Sudia, perajin perak dari Celuk, Sukawati, Gianyar.

Dalam kesempatan tersebut, mereka menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada pengurus Dekranas dan Dekranasda atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan selama ini.

Mereka berpesan terhadap para perajin agar tidak putus asa dan terus berkarya. “Walaupun penjualan menurun karena pandemi ini, mari tetap berkarya, meskipun dalam bentuk imajinasi. Jangan sampai kreativitas kita terhenti karena penyebaran virus corona,” jelasnya. (ari)