Pengurus Cabang Olahraga yang telah Habis Masa Baktinya bisa Gelar Musprov Online

Ketut Suwandi (FOTO: dok)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWSDi masa pandemi virus corona (Covid-19) yang belum ada tanda-tanda bakal segera mereda, KONI Bali membijaksanai kepada pengurus cabang olahraga yang masa baktinya sudah berakhir agar menggelar musyawarah provinsi dengan cara online.

Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi mengatakan masa kepengurusan pengprov cabor harus tetap aktif. Artinya, pengurus yang sudah berakhir masa baktinya hendaknya segera melakukan musprov untuk memilih ketua dan pengurus baru. Hanya saja, caranya ditempuh melalui online.

“Masa bakti pengprov cabor harus berlaku karena jika sudah berakhir dan sesuai aturan dijalankan seperti masa perpanjangan tapi tetap tidak melaksanakan musprov, maka kami tidak bisa membantu dalam segala hal. Jadi tetap lakukan dan harus musprov melalui online,” tutur Suwandi pada Jumat (17/4/2020).

Baginya, semua itu tidak sulit dilakukan oleh pengprov cabor karena bisa dilakukan dalam bentuk membuat grup di medsos apalagi kalau pengprov cabor pemilihan ketua umum pada musprov hanya melibatkan pengurus 9 kabupaten dan kota di seluruh Bali. Termasuk jika ada anggota lainnya seperti klub atau lainnya.

“Terpenting semuanya bisa musprov menghasilkan keputusan yang benar dan memang sesuai prosedur meski harus dengan cara online. Saya rasa kalau anggota sudah memutuskan siapa ketua umumnya yang sesuai harapan pemilik suara,” tambah mantan Ketua KONI Badung tersebut.

Lantas apakah itu sah tanpa kehadiran pengurus pusat pengprov cabor tersebut dan KONI Bali? Suwandi menjelaskan karena hal itu sifatnya emergency seperti dalam kondisi dan situasi pemutusan rantai penyebaran virus corona.

“Ini kan karena kondisi yang benar-benar emergency sementara musprov harus digelar jadi tidak masalah musprov cabor dilakukan via online. Terpenting pengurus pusat pengprov cabor dan KONI Bali menyetujui semua itu,” pungkas Suwandi. (zil)