PON XX/2020 Papua Ditunda atau Tidak Akan Diputuskan Bulan Mei

IGN Oka Darmawan. (FOTO: dok)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Bulan Mei 2020 bisa jadi akan menjadi tonggak sejarah baru bagi dunia olahraga Tanah Air, karena bulan depan itulah akan diputuskan oleh para pemangku kepentingan di pusat apakah PON XX/2020 ditunda atau tidak.

PON XX tahun depan dijadwalkan berlangsung di Papua pada tanggal 20 Oktober sampai 2 November 2020. Namun karena pandemi virus corona (Covid-19) yang memaksa seluruh atlet di Indonesia harus berlatih dari rumah masing-masing dan dunia olahraga Tanah Air nyaris tidak ada kegiatan, banyak wacana menginginkan PON XX ditunda.

Sekretaris Umum KONI Bali, IGN Oka Darmawan dihubungi via telepon, Selasa (14/4/2020) mengatakan bahwa KONI Pusat, Kemenpora dan pemangku kepentingan terkait PON XX akan memutuskan pada bulan Mei nanti apakah PON ditunda atau tidak.

Terkait kabar bahwa KONI Pusat telah memutuskan PON XX/2020 ditunda, Oka Darmawan mengatakan keputusan seperti itu belum ada, dan KONI Bali belum menerima keputusan dari KONI Pusat bahwa PON ditunda.

Oka Darmawan juga memastikan apapun terkait PON, keputusannya ada di tangan Pemerintah Pusat. Kemenpora sendiri, lanjut dia, juga belum memutuskan apakah ditunda atau tidak. Dengan demikian, kata Oka Darmawan, masih acuan dari Kemenpora silam jika keputusan diambil sampai batas waktu Mei mendatang.

“Belum ada keputusan resmi dari Pemerintah Pusat, Kemenpora apalagi KONI Pusat. Jadi mungkin kabar (PON ditunda) tersebut hanya sebatas obrolan saja dan bukan keputusan resmi KONI Pusat. Tetap acuannya pada Mei mendatang keputusannya karena memang Kemenpora melihat situasi seperti ini sampai Mei,” kata Oka Darmawan.

Dengan demikian, ditegaskannya jika KONI Bali sekarang ini tetap pada posisi menunggu dan akan selalu mengikuti apapun keputusan terbaik dari pemerintah untuk semua pihak termasuk kalangan olahraga.

“Bagaimana lagi kan ini semua karena musibah virus corona ya apapun kondisi dan situasinya dan apapun keputusan pemerintah nanti harus dimaklumi dan dijalani saja. Terpenting atlet, pelatih dan cabang olahraga (cabor) tetap semangat menjalankan latihan di rumah masing-masing,” katanya.

Dengan semua itu dan situasi serta kondisi sekarang ini Oka Darmawan meminta semua kalangan olahraga agar tidak berspekulasi dengan kabar apapun terkait penundaan atau tidaknya gelaran PON Papua.

“Terpenting soal program yang diputuskan KONI Bali kepada cabor dan atlet semuanya dijalankan saja dulu. Fokus dengan itu saja dan tidak perlu memikirkan soal kabar apapun soal PON Papua. Nanti kan pasti ada keputusan dan kepastiannya. Lebih baik semuanya ditunggu sajalah,” pungkas pria yang juga Ketua Umum Pegprov Perbasi Bali itu. (zil)