Satgas Covid-19 Nawa Kerti Lakukan Penyemprotan Disinfektan Sasar Rumah Warga

Tim Satgas Covid-19 Desa Nawa Kerti Kecamatan Abang Karangasem melakukan disinfektan di rumah-rumah warga, tempat-tempat umum, Sabtu (11/4/2020). (FOTO: ist)

Amlapura, PERSPECTIVESNEWS – Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Desa Nawa Kerti, Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem langsung bergerak cepat melakukan penyemprotan disinfektan menyasar rumah-rumah warga. Hal ini dilakukan sebagai upaya memutus penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19).

Tiga pilar pembina masyarakat desa, yakni Bintara TNI Pembina Desa (Babinsa), Bintara Polri Pembina Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), Perangkat Desa, unsur BPD, Kaur Wilayah dan LPM langsung bahu-membahu melakukan disinfektan pada Sabtu (11/4/2020).

Tim Satgas Covid-19 Desa Nawa Kerti langsung disebar ke sejumlah rumah warga dan tempat-tempat umum untuk melakukan penyemprotan. Proses disinfektan juga diikuti Babinkamtibmas Desa Nawa Kerti, Aipda I Nengah Kasih dan Babinsa Desa Nawa Kerti, Serda Wayan Budi Swastika.

Tim Satgas Covid-19 Desa Nawa Kerti sedang beraksi semprotkan cairan disinfektan. (FOTO: ist)

Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Nawa Kerti, I Made Parwata didampingi Kepala Desa Nawa Kerti, I Wayan Putu mengatakan, langkah ini dilakukan dalam upaya meminimalisir dan memutus penyebaran Covid-19.

Selain dalam bentuk imbauan dan sosialisasi langsung, masyarakat juga diajak berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dimulai dari rumah, tempat umum seperti balai banjar, agar tetap mengutamakan kebersihan. Kontak langsung berupa jabat tangan agar dihindari. Dan, ingat rajin cuci tangan, dan tetap menjaga jarak minimal 1 meter lebih.

Tak hanya itu, pria yang juga mantan Ketua PPK Kecamatan Abang itu berharap bagi warga yang sering bepergian agar tetap menggunakan masker. Dan, yang baru saja melakukan perjalan dari daerah yang dinilai masuk katagori zona merah agar melaporkan diri. Diminta kesadarannya dengan baik untuk mengatasi segala prosedur tetap yang telah ditetapkan tim kesehatan dalam hal ini Satgas Covid-19.

“Keterlibatan masyarakat dalam upaya menjaga agar bebas dari Covid-19 tetap kami harapkan. Dengan situasi seperti ini kita harus bersama-sama berjuang melawan virus corona. Kita harus kompak,” harap pria yang biasa disapa De Gunung itu. (rls)