Libur Akhir Pekan, Polisi Sosialisasi Cara Cegah Penularan Covid-19 di Lapangan Renon

Kasatgas Banops, Kompol Sriyati, SH saat sosialisasi cara cegah penularan Covid-19 di Lapangan Renon, Sabtu (11/4/2020). (FOTO: ist)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Polda Bali dan jajarannya saat ini tengah gencar mencegah penyebaran Covid-19. Tidak hanya memberikan imbauan, polisi juga turun langsung ke tempat-tempat yang kerap dijadikan titik kumpul atau pusat keramaian.

Personel yang tergabung dalam Satgas Banops Keselamatan Agung-2020 memanfaatkan libur akhir pekan untuk mensosialisasikan cara mencegah penularan Covid-19, Sabtu (11/4/2020). Aparat penegak hukum juga mengimbau masyarakat untuk menaati isi Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona (Covid-19).

Kasatgas Banops, Kompol Sriyati, SH. mengatakan, Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Renon, Denpasar biasanya ramai dikunjungi warga saat akhir pekan untuk berolahraga. Hal inilah yang perlu diantisipasi agar tidak ada masyarakat yang berkerumun.

“Kita sampaikan kepada masyarakat untuk tetap memakai masker. Selesai berolahraga agar segera pulang ke rumah sesuai anjuran pemerintah,” kata Kompol Sriyati, SH. 

Srikandi Polda Bali ini menjelaskan bahwa polisi akan terus mendukung upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Menurutnya, ada enam cara yang wajib dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19.

Pertama, hindari keramaian dan menjaga jarak saat berinteraksi (physical distancing). Kedua, rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Ketiga, menerapkan pola hidup sehat dengan makan yang bergizi, istirahat cukup dan berolahraga. Keempat, menjaga kebersihan rumah, kantor dan lingkungan. Kelima, berjemur di sinar matahari pagi dan yang terakhir adalah tidak merokok.

Kegiatan yang sama juga dilakukan di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. Polisi mensosialisasikan pola hidup sehat dan bersih serta membagikan masker kepada masyarakat. (ari)