Perkemi Bali Ubah Tahapan Program Latihan terhadap Atletnya

Fredrik Billy (FOTO: PERSPECTIVESNEWS/Sigit)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWSDemi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dimana akhirnya KONI Bali telah menetapkan 255 atlet PON Bali agar berlatih mandiri di rumah masing-masing, nampaknya memberikan dampak sendiri-sendiri bagi cabang olahraga (cabor). Tak terkecuali cabor kempo.

Wakil Ketua Umum Pengprov Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Bali, Fredrik Billy mengatakan, tak ada pilihan lain bagi pelatih Perkemi Bali untuk mengatasi program latihan atletnya kecuali merubah tahapan program yang sudah disusunnya.

Billy yang juga Ketua Harian Pengprov Perkemi Bali ini mengatakan, penyesuaian dan perubahan tahapan program itu untuk mengikuti kondisi nantinya.

“Ya kalau tahap awal yakni mulai Maret sampai Mei itu program fisik selanjutnya tahap II mulai Mei sampai Juli pra kejuaraan dan periode tahap III mulai Juli sampai September yakni masuk tahap Kejuaraan. Tapi semuaya bakal kami ubah tahapannya jika kalau situasi juga berubah,” tutur Billy, Sabtu (4/4/2020).

Semua itu tak bisa diprediksi dengan situasi Covid-19 sekarang ini kapan berakhirnya karena pastinya nanti juga bakal berdampak pada masa perpanjangan latihan mandiri itu. Jika sesuai jadwal maksimal Mei semua sudah tuntas, maka tahapan-tahapan program bisa dilakukan perubahan.

“Semua itu apakah nanti program latihan diubah atau tidak pastinya untuk mengejar ketertinggalan terhadap kualitas fisik atau tekniknya demi kematangan turun di PON. Jika tidak maka akan sulit untuk masa puncak sebelum berlaga di PON XX/2020 di Papua mendatang. Kami tak mau berpikir apakah kabar PON diundur atau tidak akan diputuskan nantinya. Prinsipnya kempo selalu siap berlaga kapan saja,” tegas pria yang juga Bidang Hukum dan Etika KONI Bali itu.

Billy juga mengatakan di tengah pandemi Covid-19 dimana KONI Bali “merumahkan” semua atletnya untuk berlatih, tim kempo PON Bali juga demikian, tetap rutin berlatih bahkan jauh sebelum kondisinya seperti sekarang ini. Tim kempo PON Bali memang gerak cepat dan langsung berlatih rutin sebelum dan sesudah Pra-PON tahun lalu.

“Tim Pra-PON yang sebagian besar kini juga dihuni kenshi PON Bali memang jauh sebelumnya sudah berlatih di kantor PLN Bali sehingga secara dasar teknik sudah terjaga sehingga saat waktu mepet PON nantinya akan tidak ada masalah karena tinggal mematangkan teknik itu saja sekalian meningkatkan fisik,” tutup Billy. (zil)