PWI Bali Imbau Media Bijak Beritakan Covid-19

IGMB Dwikora Putra

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali mengimbau para wartawan serta segenap media mainstream; cetak, elektronik dan media online  untuk bijak dan selalu edukatif memberitakan isu-isu seputar wabah corona atau Covid-19 yang tengah melanda dunia, tak terkecuali Bali.

Bahkan, PWI Bali meminta para wartawan dan media-media mainstream menyajikan narasi berita yang mampu menimbulkan ketenangan serta membangkitkan optimisme masyarakat. 

Ketua PWI Provinsi Bali IGMB Dwikora Putra mengemukakan ha itu di Denpasar menyikapi berbagai pemberitaan tentang kasus corona akhir-akhir ini.

“Ya, sebaiknya bijaklah kita memberitakan sesuatu terkait isu pandemi corona ini. Hendaknya jangan gunakan narasi-narasi yang berpotensi menimbulkan kegelisahan, kepanikan dan ketakutan bagi masyarakat. Malah kami sangat menganjurkan untuk memunculkan pemberitaan yang bisa membangkitkan optimisme masyarakat bahwa wabah ini pasti bisa dilewati. Tampilkan narasi-narasi ataupun informasi visual berupa gambar-gambar yang mampu membuat masyarakat kita yakin kalau badai ini pasti berlalu,” ujar Dwikora Putra.

Lebih lanjut dikatakan, edukasi masyarakat dan membangkitkan optimisme masyarakat melawan wabah corona ini juga merupakan bagian terpenting dari tanggung jawab sosial media terhadap publik.

“Ayolah kita rumuskan pemberitaan seputar isu corona ini yang lebih bernuansa edukatif. Apakah berita kita, kita arahkan agar masyarakat tetap beraktivitas rutin seperti biasa dengan risiko penyebaran makin meluas, atau kita edukasi masyarakat untuk bersabar setidaknya dua minggu sesuai anjuran pemerintah untuk mengisolasi diri dan keluarga dengan manfaat virus segera bisa terputus penyebarannya,” ujar Dwikora.  

PWI Bali, kata dia, selalu mendukung kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah dalam menanggulangi kasus corona, terutama yang terjadi di Bali. “Kita malah mendorong pemerintah dan seluruh otoritas terkait, untuk bisa lebih cepat mengambil langkah-langkah yang diperlukan, sehingga situasi ini segera dapat diatasi dengan baik,” pungkas Dwikora Putra yang juga  Pemimpin Redaksi Harian Warta Bali. (rls)