Antisipasi Corona, Pemkot Denpasar Kembali Bangun Wastafel di Taman Kumbasari dan Tukad Badung

Wastafel di Taman Kumbasari.

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Pemkot Denpasar kembali membangun wastafel di Taman Kumbasari dan Tukad Badung sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 atau Virus Corona. Sebelumnya, dilakukan penyemprotan disinfektan secara serentak di ruang publik dan perkantoran, sosialisasi secara masif mengerahkan seluruh ASN menyasar rumah rumah penduduk untuk mengajak masyarakat melakukan pola hidup bersih dan sosial distancing.

Wastafel (tempat cuci tangan) di beberapa ruang publik dimaksudkan untuk mendukung terciptanya masyarakat agar menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). 

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar Dewa Gede Rai mengatakan, Pemkot Denpasar secara berkelanjutan terus memaksimalkan langkah preventif guna mencegah penyebaran virus corona ini. Beragam upaya telah dimaksimalkan, seperti halnya sosialisasi yang dilaksanakan dengan menggandeng Desa/Lurah hingga ke banjar-banjar. Penyemprotan cairan disinfektan di tempat umum hingga pengecekan suhu tubuh dan penyediaan sanitizer di ruang publik, kantor, sarana transportasi siswa serta sekolah-sekolah. 

Sebelumnya, wastafel di tempat-tempat umum seperti Lapangan Lumintang dan Lapangan Puputan Badung Gusti Ngurah Made Agung sudah dibangun. Bahkan wastafel yang dibangun di Taman Kumbasari dan Tukad Badung ini telah bisa dimanfaatkan warga masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan menyiapkan tempat cuci tangan diharapkan bisa secara maksimal untuk mencegah terjadinya penyebaran Virus Corona. “Dibangunnya wastafel ini agar masyarakat dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan jalan mencuci tangan dengan baik dan benar,” harapnya.

Sementara Kadis Pariwisata Kota Denpasar Ir. MA Dezire Mulyani, M.Si menambahkan, pembangunan wastafel tersebut merupakan arahan Walikota untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Virus Corona mengingat sanitizer sangat terbatas namun langkah yang bagus dalam penanganan virus tersebut adalah cara mencuci tangan.

“Sehingga sesuai arahan Walikota maka dibangun beberapa wastafel di tempat keramaian di Kota Denpasar seperti Taman Kumbasari dan Tukad Badung ini. Untuk proses pelaksanaannya dibangun oleh Dinas PUPR Kota Denpasar,” ungkapnya. 

Dengan dibangunnya wastafel di tempat umum seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kebersihan masyarakat sehingga dapat mengurangi penyebaran Virus Corona.

Untuk tempat-tempat keramaian yang ada di Kota Denpasar namun kawasannya milik perorangan atau pribadi, Dezire berharap kesadaran masyarakat itu sendiri untuk membangun tempat cuci tangan sehingga masyarakat bisa bebas atau terhindari penyebaran virus.    (ari/hum)