Tingkatkan Profesionalitas, Humas dan Protokol Denpasar Gelar Pelatihan Interpersonal Skills

Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar menggelar Pelatihan Interpersonal Skills di John Robert Powers, Sudirman Denpasar, Rabu (11/3/2020).

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS  Terciptanya pengelolaan kehumasan dan keprotokolan yang professional, efektif dan efisien dalam mendukung tugas-tugas di lapangan, Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar menggelar Pelatihan Interpersonal Skills di John Robert Powers, Sudirman Denpasar, Rabu (11/3/2020).

Dalam kegiatan tersebut hadir juga Sekretaris Daerah Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, serta perwakilan OPD terkait.

Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara mengatakan, tugas Humas dan Protokol adalah bagaimana membangun dan memelihara kepercayaan publik serta mendukung prinsip-prinsip kepemerintahan dengan sikap yang baik guna menjalin hubungan baik dengan stakeholder maupun  kelompok masyarakat lainnya.

“Untuk itu semua staf Humas dan Protokol harus cakap dalam berinteraksi  baik dalam bertutur kata, berpakaian maupun tingkah laku atau sikap. Pelatihan ini sangat penting dalam menunjang tugas-tugas keprotokolan, dimana seorang protokol yang selalu tampil di depan dan kerap menjadi perhatian banyak orang. Harus selalu berpenampilan yang sopan, menarik dan menjaga etika kepada siapa saja, apalagi Denpasar yang sering menggelar acara yang berskala nasional bahkan internasional, penampilan seorang protokol harus profesional,” kata Rai Iswara. 

Sementara Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai menambahkan, tujuan diadakannya pelatihan kepada seluruh staff Humas dan Protokol ini tidak lain untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam bertugas sebagai protokol maupun Humas.

“Karena tuntutan tugas dalam hal pelayanan baik kepada pimpinan dan masyarakat maupun tamu-tamu yang datang ke Kota Denpasar, saya berpikiran kemampuan dan ketrampilan staf Humas dan Protokol harus terus ditingkatkan. Oleh karena itulah kami menggandeng salah satu lembaga kepribadian yang ada di Denpasar untuk memberikan pemahaman kepada staf bagaimana bersikap, berpakaian, berbicara sesuai dengan etika dan sopan santun,” kata pria asal Klungkung ini.

Ditambahkan, pelatihan ini dibimbing oleh beberapa fasilitator dari John Robert Powers diantaranya Ida Bagus Purwasila, Ni Putu Dyah Dhyana Sari, Denny Wijaya dan Helena Kalalo Keith.

Pekerjaan sebagai Protokol maupun Humas dituntut harus peka, sigap, terampil, sopan santun, serta harus beretika dan ramah dalam memberikan pelayanan, baik kepada pimpinan maupun kepada tamu atau dalam mengatur suatu acara,” pungkas Dewa Rai.   (ari/hum)